Kunjungan Industri Daring D3 OSI Tuai Antusias Peserta

OSI NEWS – Guna mempersiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja, Program studi (Prodi) D3 Otomasi Sistem Instrumentasi (OSI) Universitas Airlangga menyelenggarakan kunjungan industri ke sejumlah perusahaan setiap tahunnya.Kali ini, kegiatan bertajukOSIExplore Manufacturing (OP-M) itu diselenggarakan dalam ruang daring bersama Manager Utility Offride Marine Iswahyudi Sumarsono dari PT Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI). Tepatnya pada Minggu (12/07/2020).

“Inti dari kegiatan ini adalah sebagai pengenalan industri PT Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI). Kita tahu bahwa pada Prodi D3 OSI sangat dibutuhkan pemahaman yang mendalam mengenai segala aspek tentang teknologi yang ada di dunia industri,” ujar Maharaja Agung Swarga selaku Ketua Pelaksana.

Raja menuturkan, kegiatan tersebut diikuti oleh sejumlah mahasiswa D3 OSI angkatan 2018 dan 2019. Serta dihadiri pula oleh Eva inaiyah agustin, S.ST., M.T sebagai pembina hima.

Melalui kegiatan itu, lanjut dia, mahasiswa dikenalkan dengan berbagai ilmu baru di bidang industri. Mulai dari pengenalan profil kilang akromatik, fasilitas, hingga operasional pelabuhan.

Menariknya, selain pengenalan industri, peserta juga diberikan pemaparan mengenai instrumentasi dan control TPPI yangmelibatkan berbagai perangkat yang beragam. Menurut Raja hal tersebut menjadi pengalaman dan pengetahuan baru bagi peserta.

“Saya kira materi yang dijelaskan menjadi hal baru terutama di bidang industri. Banyak hal yang awalnya kita belum tahu akhirnya jadi belajar. Kita juga dikenalkan secara detail mengenai alat-alat otomasi dan instrumentasi yang ada di TPPI,” kata dia.

Meski digelar secara virtual, Raja mengungkapkan bahwa antusias peserta sangat luar biasa. Hal itu terlihat pada sesi tanya jawab usai pemaparan materi.

Usaimelangsungkankegiatan tahunan itu, Raja berharap peserta dapat lebih mengenal dunia kerja terutama pada bidang industri. Selain itu, dia juga berharap hubungan baik antara Prodi D3 OSI dengan institusi terkait dapat terus terjalin dengan baik.

“Harapan kami, semoga dengan diselenggarakan kegiatan ini peserta dapat lebih mengetahui dan mengenal tentang dunia industri.Sertadapatmengaplikasikan pengetahuan atau informasi yang didapat untuk masa yang akan datang,” tutup Raja. (*)

Penulis: Erika Eight Novanty

Editor: Nuri Hermawan

Share on

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart