Prof Widi Hidayat Sebut Pembelajaran Vokasi UNAIR akan Berorientasi pada Kemampuan dan Praktik

Vokasi News – Menghadapi era Revolusi Industri 4.0 serta adaptasi kebiasaan baru dalam pandemi Covid-19, Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar webinar pendidikan bagi tenaga pengajarnya. Diselenggarakan secara daring, gelaran pada Kamis (3/9/2020) tersebut menghadirkan Best Practices PENS Surabaya Dr. Ir. Era Purwanto, M.Eng sebagai pembicara utama.

 

Dekan FV UNAIR Prof. Widi Hidayat, Dr.H., SE., M.Si., Ak dalam sambutannya menuturkan bahwa fakultasnya kini tengah berbenah dan mengubah fokus pengajaran untuk lebih berorientasi pada skill dan praktik. “Dari webinar ini harapannya akan ada transfer ilmu dan perbaikan sistem pembelajaran yang semakin adaptif dan menyesuaikan tren pendidikan praktis seperti yang diharapkan oleh industri,” paparnya.

 

Sementara itu pada acara inti, Dr. Era mengawali materinya dengan menegaskan nilai strategis pendidikan vokasi. Sejak dibawahi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), pemerintah memang memproyeksikan vokasi sebagai ladang pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Sehingga, deregulasi, reformasi, dan debirokrasi telah dan akan segera dilakukan untuk tahun-tahun mendatang.

 

“Kita tengah bersiap. Rencananya kita akan meniru sistem vokasi di Jepang. SMK 5 tahun dengan lulusan berpredikat D3. Sementara di pendidikan tinggi vokasi nanti tinggal menempuh D4 atau vokasi terapan,” ungkapnya.

 

Selengkapnya kunjungi http://news.unair.ac.id/2020/09/04/prof-widi-hidayat-sebut-pembelajaran-vokasi-unair-akan-berorientasi-pada-kemampuan-dan-praktik/

 

Penulis: Intang Arifia

Editor: Khefti Al Mawalia

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart