School of Scientific Project (SSP) : Creativity Building in Revolution Industry 4.0

Vokasi News – Dalam dunia kepenulisan, ada saatnya ketika penulis mengalami Writer’s Block yaitu dimana pikiran terhalangi saat ingin menuangkan ide dalam satu karya. Untuk membantu mengatasi hal tersebut serta membangun kemampuan di bidang kepenulisan mahasiswa Fakultas Vokasi, Kementerian Keilmuan dan Prestasi BEM Fakultas Vokasi Universitas Airlangga menyelenggarakan webinar berbentuk workshop dan mentoring berjudul “School of Scientific Project (SSP)” dengan tema Creativity Building in Revolution Industry 4.0. Webinar SSP ini dilaksanakan pada Jum’at, 18 September 2020 via Zoom.

 

Acara yang berspesialisasi di bidang kepenulisan ini digelar dengan bentuk sekolah mentoring tentang bagaimana cara membuat karya ilmiah yang baik dan benar meliputi penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI), Business Plan, hingga esai. Dengan itu, acara ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa secara umum, serta meningkatkan peluang untuk memenangkan berbagai ajang perlombaan karya tulis termasuk Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional khususnya.

 

Nampak peserta yang hadir dalam SSP

 

Pada acara kali ini, Kementerian Keilmuan dan Prestasi BEM Fakultas Vokasi Universitas Airlangga mengundang 3 pembicara dengan latar belakang kepenulisan yang sudah tidak diragukan lagi. Pembicara yang hadir dalam acara ini yakni Syifa Aulia yang merupakan Mahasiswa Berprestasi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga Tahun 2019 sebagai pembicara mentoring di bidang Karya Tulis Ilmiah (KTI). Pembicara selanjutnya yakni Moh. Wahyu Syafi’ul Mubarok yang merupakan pemenang Best Paper di ASEAN Youth Initiative Conference 2019 sebagai pembicara mentoring di bidang esai. Dan tak lupa Founder JongNesia dan Owner Hello Creative, Zamzam Syahara sebagai pembicara mentoring di bidang Business Plan.

 

Setelah acara dibuka pada pukul 14.00 WIB, acara dilanjutkan dengan perkenalan pembicara dan pemaparan materi. Pada sesi pemaparan materi ini ketiga pembicara menjelaskan tata cara menyusun karya tulis ilmiah yang baik serta tips, trik, dan juga sharing pengalaman kepenulisan pembicara. Acara pun disambung dengan sesi tanya jawab. Setelah itu terdapat sesi kuis berhadiah yang mendapat antusias sangat baik sehingga membantu mencairkan suasana webinar ini meski acara telah berjalan cukup panjang.

 

Dengan peserta acara sebanyak 200 orang dari dalam Fakultas Vokasi hingga sampai perguruan tinggi lainnya, Kementerian Keilmuan dan Prestasi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga sebagai pelaksana acara pun merasa berterima kasih atas partisipasi dan antusias peserta serta berharap agar ilmu yang disalurkan pun menjadi bermanfaat.

 

Penulis : Jasmine Khairunisa

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart