BEM FAKULTAS VOKASI, GELAR PENYULUHAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 DAN TES KESEHATAN UNTUK PARA PEREMPUAN

Vokasi News – Kementerian Pemberdayaan Perempuan menggelar acara Woman Social Empowerment dengan memberikan penyuluhan dan tes kesehatan. pada Sabtu (19/9/2020) berlokasi di Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Surabaya. Acara yang diadakan oleh  Kementerian Pemberdayaan Perempuan ini ditujukan untuk para pekerja perempuan dengan memberikan pelatihan serta pelayanan kesehatan gratis.

 

“karena  menurut kami kurangnya perhatian dan wadah bagi perempuan, maka kami memberikan sebuah pelatihan  dan wadah kepada perempuan untuk menyalurkan dan memberikan pengarahan dengan narasumber yang ahli dalam bidangnya,” terang Anjani Ayu Madinah selaku Menteri Pemberdayaan Perempuan BEM FV UNAIR.

 

Narasumber yang di hadirkan dalam acara ini ialah dr. Inggrid Ayusari Asali yang merupakan dokter penanganan Covid-19 di RSUD Ibnu Sina Gresik untuk memberikan pelatihan. Selain itu Ratih Damayanti, S.KM., M.Kes selaku dosen Program Studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja FV UNAIR juga turut dihadirkan sebagai narasumber pada acara tersebut. Karena pandemi tidak memungkinkan untuk melaksanakan penyuluhan secara langsung, sehingga pelatihan yang diberikan oleh para narasumber disampaikan secara virtual.  Akan tetapi masyarakat tetap kita hadirkan dilapangan sedangkan untuk narasumber tidak, hanya melalui daring saja.

 

Protokol kesehatan tetap dilakukan dalam acara tersebut guna untuk mencegah penyebaran covid-19 semakin meluas, diantaranya dengan memakai masker dan face shield, selalu mencuci tangan sebelum maupun sesudah kegiatan, dan juga physical distancing diterapkan saat acara berlangsung, Semula akan diberikan pelayanan kesehatan gratis tetapi  dengan adanya pandemi ini tidak mungkin kegitan tersebut dilaksanakan sehingga di alihkan dengan kegiatan membagikan masker, handsanitizer, serta jamu sinom kepada para peserta yang datang.

 

Acara berjalan dengan lancar dengan,banyaknya ibu-ibu di lingkungan sekitar yang tertarik dan antusias dalam mengikuti acara ini. Dengan diadakannya acara penyuluhan ini  diharapkan agar masyarakat terutama perempuan paham akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan sehingga dapat menekan angka penyebaran Covid-19. “Semoga masyarakat utamanya pekerja perempuan yang rata-rata bekerja sebagai nelayan, pedagang, dan pensortir kerang ini semakin sadar bahwa Covid-19 itu benar adanya. Diharapkan mereka bisa mentaati protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah,” terang Anjani.

 

Writer: Shilvia Riyantika Devi

Tags: Share on

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart