Battra Vokasi UNAIR Berkiprah Ditengah Pandemi Covid-19

Vokasi News – Semangat berbagi dapat menumbuhkan jiwa kemanusiaan dalam diri kita. Sebagai realisasi dari sikap peduli pada sesama, Program studi Pengobat Tradisional Universitas Airlangga mengadakan rangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diadakan pada hari Sabtu dan Minggu (19/09/2020 dan 20/09/2020). Kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelayanan kesehatan tradisional dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat yang mengusung tema “Lebih Dekat dan Peduli bersama Pengobat Tradisional Di Era Pandemi Covid-19” tersebut diselenggarakan di Balai Desa Segoro Tambak, Kecamatan Sedati, Sidoarjo serta melalui Webinar. Kegiatan yang diketuai oleh Ario Imandiri, dr., Sp.Ak ini dibuka dengan sambutan oleh Perangkat Desa Segoro tambak yaitu Asna Ab. Dalam sambutannya Asna menyampaikan rasa bahagianya atas kehadiran tim Pengmas Battra Vokasi UNAIR di desa mereka. “Saya berharap panitia Pengmas dari Battra Vokasi UNAIR maupun warga disini memiliki jiwa sosial yang baik, sebab aspek sosial merupakan hal yang penting”, ungkapnya.

 

Kegiatan yang telah dirancang sejak awal tahun 2020 ini sempat terkendala karena adanya pandemi Covid-19. Ario mengungkapkan bahwa kegiatan ini mengalami perubahan dari rencana awal karena adanya pandemi Covid-19. “Kegiatan ini awalnya dirancang berupa edukasi kesehatan, pelatihan pembuatan jamu dan pelayanan pemeriksaan Kesehatan. Namun karena ada Covid-19 ini maka pelatihan dan pemeriksaan kesehatannya diubah menjadi seminar secara webinar serta pemberian jamu untuk menjaga imunitas dan paket sembako karena pandemi ini juga mempengaruhi perekonomian masyarakat. Total sembako dan jamu yang dibagikan dalam acara ini mencapai 100 paket sembako dan 500 sediaan jamu”, ungkapnya.

 

 

Pemberian Jamu dan Paket Sembako Kepada Masyarakat Yang Hadir

 

Kegiatan hari pertama di Balai Desa Segoro Tambak ini tentunya menerapkan protokol kesehatan, yaitu warga diminta untuk memakai masker dan mencuci tangan pada saat memasuki wilayah balai desa. Selain itu penataan tempat duduk juga diatur dengan menerapkan jaga jarak dan jumlah warga yang diundang untuk hadir dibatasi hanya 25 orang. Sebagai bekal dalam keseharian, tim Pengmas Battra menyampaikan materi mengenai akupresur mandiri untuk meningkatkan imunitas terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19 serta cara pembuatan wedang uwuh. Untuk masyarakat lain yang tidak dapat hadir di Balai Desa Segoro Tambak, tim pengmas Battra juga mendatangi rumah warga untuk memberikan edukasi kesehatan dan membagikan jamu serta paket sembako. Prodi Battra juga melibatkan Himpunan Mahasiswa Battra dalam kegiatan ini. Sehingga selain dilaksanakan di Desa Segoro Tambak, melalui mahasiswa yang tersebar di berbagai daerah juga dilaksanakan kegiatan edukasi kesehatan dan pembagian jamu di 28 wilayah di Indonesia.

 

Seminar Melalui Platform Zoom

 

Masih dalam serangkaian acara tersebut, pada hari ke-2 dilaksanakan seminar yang dilaksanakan pada tanggal 20 September 2020 melalui platform Zoom yang diikuti sekitar 300 peserta. Materi yang di disampaikan dalam webinar kali ini adalah mengenali covid-19, serta cara pencegahannya melalui akupresur mandiri dan jamu atau herbal. Meskipun masih dalam suasana pandemi, hal ini tidak mengurangi antusias masyarakat dalam mengikuti rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat ini. Warga berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara teratur di daerah mereka.

 

Writer : Ario Imandiri, dr., Sp.Ak

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart