Pelatihan Facebooks Ads untuk UKM di Surabaya oleh Prodi DIII Manajemen Pemasaran

Vokasi News – Prodi DIII Manajemen Pemasaran Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar pengabdian masyarakat dengan mengadakan pendampingan pembuatan iklan media sosial dengan kaidah persuasion concept-elaboration likelihood model (ELM) pada UKM di Surabaya. Kegiatan itu tepatnya dilaksanakan secara online melalui Zoom meeting pada hari Sabtu, (3/10/2020).

 

Acara tersebut dihadiri oleh pelaku usaha di Surabaya dan difasilitasi oleh dosen DIII Manajemen Pemasaran FV UNAIR. Dipandu oleh Phima Ruthia Dwikesumasari, S.E., M.SM, kegiatan tersebut dimulai dengan perkenalan singkat antara tim pelaksana pengabdian masyarakat dengan pimpinan dan pemasaran UKM di Surabaya. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Damar Kristanto, S.E., M.SM. Peserta dibekali dengan handout dan visualisasi contoh-contoh dalam powerpoint yang ditampilkan dalam Zoom meeting. Selanjutnya peserta melakukan memasuki sesi tanya jawab  yang dipandu oleh Maurisia Putri Permatasari, S.E., M.Sc. 

 

Sesi tanya jawab rupanya cukup menarik bagi peserta karena sesi ini menjadi sarana untuk sharing baik dengan tim pelaksana dari DIII Manajemen Pemasaran maupun dengan sesame peserta lain yang berbeda bidang usaha. Beberapa pertanyaan yang disampaikan terkait dengan bagaimana memaksimalkan facebook ads, besarnya biaya, serta konten yang tepat.

 

Tim memberikan pandangan dan gambaran mengenai Facebook ads dan dilanjutkan dengan diskusi dari peserta lain yang telah mencoba menggunakan Facebook ads. Pertanyaan lain yang muncul terkait dengan penggunaan platform Shopee. Peserta berdiskusi terkait menjadi reseller di Shopee dan bagaimana tipsnya supaya tetap menarik bagi pembeli meskipun memiliki banyak competitor dengan produk yang sama. Tim memberikan solusi dengan memperhatikan ketersediaan barang, lokasi, serta kualitas pelayanan (cepat respon, packing baik, barang berkualitas baik).

 

Setelah sesi diskusi, tim memberikan pertanyaan untuk evaluasi serta harapan peserta untuk pengabdian masyarakat mendatang. Beberapa saran yang diberikan oleh peserta diantaranya adalah: cara untuk tetap kreatif dalam membuat konten iklan di media sosial, cara membuat landing page website, cara membuat copywriting yang menarik, dan sesi praktik untuk facebook ads dan sosial media lainnya. Pelaku UKM berharap kerjasama dengan Universitas Airlangga tetap terjalin melalui program-program mendatang.

 

Writer : Maurisia Putri Permatasari, S.E., M.Sc.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart