Pembentukan Jiwa Entrepreneurship Dalam Webinar COSTAE TLM 2020

Vokasi News – Webinar COSTAE merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh HIMA D3 Teknologi Laboratorium Medis, Universitas Airlangga (3/10/2020) melalui aplikasi Zoom. Webinar yang diikuti oleh mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium Medis (TLM) 2019-2020 ini mengangkat tema “Pembentukan Jiwa Entrepreneurship dan Kiat-Kiat Berkiprah di Dunia Bisnis untuk ATLM”. Terdapat dua rangkaian acara dalam webinar ini, yakni penyampaian materi tentang entrepreneurship dan sharing alumni.

 

Materi tentang entrepreneurship disampaikan oleh Bu Belgis, S.Si., M.Si., yang merupakan dosen D3 TLM Universitas Airlangga. Materi dari beliau tidak mengarah ke bidang laboratorium tetapi lebih umum.  Dosen yang mempunyai prinsip “entrepreneurship is about connecting the dots” dalam berwirausaha tersebut, menyampaikan materi  mulai dari membahas bisnis terkini oleh anak muda yang mayoritas ingin sesuatu yang instan, yang simpel, mudah, dan menarik. Selain itu membahas tentang ber-enterpreunership yang perlu adanya persiapan, agar kegiatan wirausaha yang dijalankan dapat terus eksis dan berkembang. Tidak hanya membahas tentang bagaimana bisnis dilakukan, namun juga disampaikan tips dan trik untuk berwirausaha.

 

Peserta Webinar COSTAE TLM 2020

 

Webinar COSTAE juga diisi dengan sesi sharing alumni yang dikonsep seperti mini talk show oleh Pak Edi Yani Yusuf, S.KM., M.M., selaku nasarumber. Pak Edi merupakan seorang alumni D3 Analis Kesehatan atau TLM  UNAIR. Beliau memiliki berbagai bisnis yang sedang dirintis. Pak Edi menceritakan pengalaman bekerjanya sebelum lulus kuliah, yaitu pada semester 5, beliau sudah mendapatkan posisi sebagai karyawan di Laboratorium Pramita, ketika telah meraih gelar diploma, beliau telah menjadi karyawan tetap di Laboratorium Pramita.

 

Pak Edi juga menjelaskan bahwa beliau memberanikan diri untuk keluar dari “zona nyaman” dan mendirikan Laboratorium bersama rekan-rekan sejawatnya. Hingga sejak saat itu, beliau kemudian juga aktif merintis berbagai usaha diluar bidang kesehatan. Beberapa usaha yang telah didirikan oleh Edi adalah PT. Media Husada, PT. Surya Abadi Bersama, dan PT. Tri Anugerah Rizky Gemilang. Mini talkshow diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh peserta sekaligus pemaparan tips dan trik untuk peserta seminar yang ingin membangun usaha.

 

Aulia Rahmawati sebagai ketua pelaksana dari Webinar COSTAE memaparkan, bahwa agenda seperti ini bisa dibilang agenda wajib untuk mahasiswa baru dengan tujuan sebagai bekal dan inspirasi mereka untuk berwirausaha.

 

“Di era sekarang ini sudah semakin banyak anak-anak muda yang merintis bisnis dengan konsep yang menarik. Dengan adanya acara ini bisa menumbuhkan semangat dan ide mahasiswa baru untuk bisnis ke depan mereka. Juga dengan pemateri yang mengerti sekali dengan generasi Z sangat pas sekali para peserta memahaminya,” ujar Aulia.

 

COSTAE 2020 merupakan kesempatan emas bagi Mahasiswa TLM yang ingin merintis usaha baik dibidang Laboratorium ataupun diluar bidang kesehatan, webinar ini telah sukses dilaksanakan dengan dihadiri sebanyak 90 peserta.

 

“Harapan saya, dari acara ini teman teman mahasiswa baru TLM muncul ide-ide keren mereka di bidang bisnis, syukur syukur kalau idenya ini berhubungan dengan TLM. Karena jurusan TLM bukan melulu kerja di lab orang lain, jadi kita bisa menciptakan lab dan memperkerjakan orang lain yang tentu saja itu bermanfaat sekali untuk banyak orang. Untuk tahun depan aku berharap tema dari agenda business plan lebih kreatif lagi dari agenda tahun ini dan dari agenda ini bisa lahir generasi2 wirausahawan yang bermanfaat untuk kelangsungan kehidupan orang banyak.” Tutup Aulia.

 

Penulis : Nisa’ur Rosyidah & Shintia Anugrah Oktania

Editor : Nabila Putri Mulyaningtyas

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart