Siapkan Mahasiswa Hadapi Kompetisi, Hima D3 Akuntansi Adakan English Club

Vokasi News – Hima D3 Akuntansi Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali menyelenggarakan kegiatan pelatihan bahasa inggris bertajuk English Club. Hal itu merupakan upaya Hima dalam mengasah kemampuan dan keterampilan berbahasa inggris mahasiswa untuk menghadapi berbagai kompetisi. Kegiatan tersebut berlangsung setiap hari Selasa sore selama satu bulan penuh sejak (8/9/2020) lalu.

 

Agenda tahunan itu saat ini telah diadakan untuk keempat kalinyaNabila Paramita selaku ketua pelaksana mengatakan, diadakan guna menghadapi Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA). “Kami menekankan pada pelatihan bahasa inggris secara intensif selama satu bulan untuk mempersiapkan delegasi OLIVIA utamanya,” ujarnya.

 

Lala, sapaan akrabnya, menuturkan bahwa kemampuan berbahasa Inggris adalah modal utama untuk bersaing di era globalisasi. Selain mendorong prestasi selama kuliah, lanjutnya, hal tersebut juga mampu meningkatkan kesempatan karir internasional.

 

Lala memaparkan, pelatihan tersebut terbagi dalam beberapa tahap. Meski demikian, imbuh Lala, acara tersebut menitikberatkan pada praktik pembuatan esai bahasa inggris secara langsung. “Kegiatannya bertahap, tapi tetap fokus pada penguasaan komunikasi dan penguatan kosakata maupun tata bahasa,” kata Lala.

 

Dosen Bahasa Inggris Fakultas Vokasi UNAIR Lutfi Ashar Mauludin S.Pd., M.A., M.Pd., berkesempatan menjadi pembimbing dalam kegiatan itu. Pertemuan pertama dibuka dengan pengenalan  teknik dasar penulisan esai bahasa inggris.

 

Selanjutnya, masing-masing peserta diminta membuat opini. Pada pertemuan kedua ini, seluruh opini dikaji satu per satu lalu diperbaiki sesuai ketentuan esai. Pemateri juga sempat menyampaikan materi pengembangan tesis menjadi rangkaian paragraf.

 

Pada akhir, pertemuan tiga dan empat, peserta fokus berkonsultasi terkait kerangka esai yang telah dibuat. Berbeda dengan sebelumnya, kegiatan tersebut dilakukan melalui grup obrolan. Sehingga pemateri lebih fleksibel memberi respon kepada para peserta.

 

Sebagai informasi, penyelenggaraan daring tidak mempengaruhi antusias peserta. Total sebanyak 20 peserta hadir. Peserta cukup aktif dalam sesi berdiskusi pada seluruh rangkaian acara.

 

Meski diselenggarakan untuk OLIVIA, kata Lala, tidak menutup kemungkinan ilmu yang didapat peserta juga dapat menjadi bekal untuk menghadapi berbagai kompetisi lain. Misalnya business plan atau Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI).

 

Sebelumnya, English Club diselenggarakan secara rutin. Ketika itu, pelatihan dilakukan tatap muka di dalam kelas.

 

Lala berharap kegiatan itu dapat mendorong prestasi mahasiswa. “Hima sebagai organisasi intra prodi memang bertugas menyediakan wadah belajar dan berlatih bagi mahasiswa. Jadi di samping memberikan informasi kompetisi, kami juga memberikan sarana bagi teman-teman mahasiswa,” pungkasnya. (*)

 

Writer: Erika Eight Novanty

Editor: Khefti Al Mawalia

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart