Webinar Ilmiah Kesehatan Ahli Laboratorium Klinik (SIKLIK)

Vokasi News – Himpunan Mahasiswa (HIMA) Teknologi Laboratorium Medis Fakultas Vokasi UNAIR menyelenggarakan acara Webinar Ilmiah Kesehatan Ahli Laboratorium Klinik (SIKLIK) pada Minggu (20/9) melalui aplikasi daring. Diketahui, acara tersebut dihadiri 3500 peserta dari kalangan mahasiswa (TLM) maupun Ahli Teknologi Laboratorium Medis (ATLM).

 

Sejalan dengan terjadinya pandemi Covid-19, webinar kali ini memiliki tema tentang “Tes Cepat Molekuler (TCM) sebagai salah satu teknik diagnostik infeksi virus penyebab Covid-19.” Pengetahuan tentang ilmu serta metode diagnosis terhadap suatu penyakit sangatlah penting, mengingat ATLM merupakan garda terdepan dalam penegakkan diagnosis.

 

Acara webinar dibagi menjadi 3 sesi pemaparan materi oleh narasumber yang berbeda. Untuk sesi pembukaan membahas mengenai pre analitik, analitik, dan pasca analitik TCM dalam mendeteksi virus Sars-Cov2. Materi tersebut disampaikan oleh Dr. Agung Dwi Widodo, dr.M.Si., M.KedKlin., Sp.MK. Poin penting yang perlu digaris bawahi dari materi pertama adalah TCM lebih cepat mendeteksi virus, prosesnya sangat cepat dan lebih spesifik. Namun, untuk melakukan TCM diperlukan peralatan dan personil yang terampil.

 

Kemudian sesi selanjutnya disampaikan oleh Suripto, S.T., M.Kes membahas tentang pelaksanaan protokol pencegahan infeksi dan keselamatan kerja pada laboratorium selama pandemi Covid-19. Beliau menyampaikan hal paling penting dalam melindungi ATLM selama pandemi dengan mematuhi protokol keselamatan kerja, salah satunya penggunaan dan pelepasan Alat Pelindung Diri (APD) dengan benar. Setelah sesi tanya jawab selesai, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi ketiga oleh Reki Usman Susilo, A.Md.AK membahas mengenai memahami peran dan posisi ATLM dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

 

“Penyampaian materi dari narasumber yang dihadirkan sudah sangat bagus, terutama materi yang sesi pertama.”, ujar Dewi Harkit Pertiwi, salah satu peserta Webinar. Melihat respon yang sangat baik dari peserta, Aliya, sebagai ketua pelaksana Webinar berharap ilmu yang disampaikan dapat bermanfaat dalam menunjang kerja ATLM atau menambah wawasan baru bagi mahasiswa. Terakhir, dia juga berharap SIKLIK tahun depan dapat tetap dilaksanakan dan berjalan lebih baik dari tahun ini.

 

Penulis : Aliya Ayu Rizqiyah

Editor   : A. Diajeng Sekar Ayu Puteri

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart