Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa Prodi D3 Keperawatan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Vokasi News – Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dengan tugas langsung di Lembaga BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta, dan Instansi Pemerintahan setempat. Praktek Kerja Lapangan (PKL) memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengabdikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh di kampus. Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan wujud relevansi antara teori yang didapat selama di perkuliahan dengan praktek yang ditemui baik dalam dunia usaha swasta maupun pemerintah.

 

Program studi d3 keperawatan menggelar kegiatan PKL di desa latukan kecamatan karanggeneng kabupaten Lamongan. Alasan memilih desa latukan kecamatan karanggeneng kabupaten Lamongan karena desa ini merupakan desa sempurna, desa dengan zona hijau dan satu satunya desa yang tidak memiliki resiko penularan covid19. Kegiatan pkl dilakukan mulai tanggal 05 oktober 2020 hingga 18 oktober 2020 selama dua minggu. Papar bapak kaprodi d3 keperawatan.

 

Merayakan hari cuci tangan sedunia bersama murid sekolah dasar

 

Praktik kerja lapangan yang di lakukan di desa latukan kecamatan karanggeneng kabupaten Lamongan adalah PKL komunitas dan keluarga. Banyak sekali kegiatan yang mahasiswa lakukan selama dua minggu antara lain:

 

  1. Membantu program STBM desa
  2. Membantu Pis-PK (program Indonesia Sehat- Pendekatan Keluarga) puskesmas karanggeng di desa latukan dan Kendal kemlagi.
  3. Memberikan penyuluhan tentang penanganan covid19 di setiap RT dan sekolah
  4. Merayakan hari cuci tangan sedunia dengan terjun ke sekolah SD, MI, dan SMP sebagai upaya pencegahan penularan covid
  5. Senam Bersama masyarakat dan mahasiswa
  6. Edukasi keluarga binaan cara memilah sampah dan membakar sampah
  7. Ikut serta dan andil dalam kegiatan kemasyarakatan seperti contoh: voli dan yasinan

 

Desa ini memiliki keunikan yang biasa disebut desa ”semongko”, karena panen raya terbesar semangka tiap tahunnya ada di desa latukan kecamatan karanggeneng kabupaten Lamongan. Selain itu, Hal yang tidak terlupakan di desa latukan kecamatan karanggeneng kabupaten Lamongan adalah masyarakat desa yang ramah dan baik.

 

Writer: Dinna Alvia Novita

Tags: Share on

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart