Pavet Unair Adakan Vidcon Bersama PT Ultra Peternakan Bandung Selatan

Vokasi News – Rupanya pandemi tidak menyurutkan semangat mahasiswa PAVET UNAIR dalam menimba ilmu serta berdiskusi bersama. Agustus lalu, HIMA D3 Paramedik Veteriner sempat mengadakan video conference bersama PT Ultra Peternakan Bandung Selatan bertajuk “Goes To Farm from Home: Karier Paramedik Veteriner dalam Dunia Peternakan”. (22/08/2020). Dalam acara ini, HIMA PAVET mengusung “Explore Your Science” sebagai tema dengan tujuan agar peserta dapat mengeksplorasi ilmu, memperoleh pengalaman dan ilmu baru yang nantinya bisa diterapkan dimasa yang akan datang.

 

Vidcon ini mengundang dua pemateri, yaitu Suryo Firmanto (farm supervisor) dan drh. Mikaiel Putro Utomo (vet supervisor) dari PT Ultra Peternakan Bandung Selatan. Disini pemateri menyampaikan berbagai informasi seluk beluk berkarier di bidang peternakan, seperti menjelaskan tentang bagaimana proses pemerahan susu, treatment untuk ternak yang diterapkan di PT Ultra Peternakan Bandung Selatan, peran Paramedik Veteriner di dunia peternakan, serta pemateri berdiskusi langsung dengan mahasiswa pada sesi tanya jawab.

 

* drh. Mikaiel Putro Utomo sedang menyampaikan materi pada video conference secara daring

 

PT Ultra Peternakan Bandung Selatan dipilih karena merupakan salah satu perusahaan di bidang peternakan terbesar di Indonesia. Selain itu, PT UPBS juga memiliki standar operasional prosedur yang bagus serta sudah menggunakan teknologi tinggi dalam proses pemerahan susu. Hal ini tentu dapat memberikan manfaat lebih bagi mahasiwa Pavet dalam mempelajari dan mendalami ilmu peternakan.

 

Paramedik Veteriner sendiri merupakan program diploma yang mempelajari tentang manajemen kesehatan hewan yang lebih terfokus pada praktik daripada teori. Salah satu mata kuliah wajib yang dipelajari oleh mahasiswa Pavet adalah ilmu peternakan. Oleh karena itu, peternakan digunakan sebagai latar belakang diadakannya video conference kali ini.

 

“Sebenarnya inginnya ‘Goes To Farm’ jadi ke peternakannya langsung, tapi karena pandemi dan hanya bisa vidcon dari rumah, makanya jadi ‘Goes To Farm from Home’,” ungkap Yolifia selaku ketua pelaksana dalam acara ini.

 

Dikarenakan pandemi, acara tahunan yang seharusnya dilakukan langsung menuju perusahaan kali ini berbeda. Ketua pelaksana pun mengakui bahwa penerapan sistem daring kurang cocok dan kurang mengena target. Salah satu target proker itu sendiri adalah untuk mengasah hard skill dan soft skill mahasiswa, apabila dilakukan secara langsung tentu target tersebut akan tercapai. Kedua pemateri juga menyarankan untuk peserta berkunjung secara langsung ke PT UPBS apabila kelak pandemi sudah membaik dan keadaan memungkinkan.

 

Adanya acara ini diharapkan mahasiswa D3 Paramedik Veteriner menjadi lebih tahu tentang peluang kerja yang akan dihadapi, dan bagaimana arah karier yang diinginkan. Selain sebagai media berbagi ilmu dan menyalurkan pendapat, acara ini juga sebagai sarana dalam menjalin silaturahmi dengan PT UPBS.

 

Writer : Yofi Ika

Editor : Bella Vionyta

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart