Pengaruh Masa Pandemi dan Krisis Ekonomi Terhadap Perlakuan Akuntansi

Voaksi News – Perkembangan situasi pandemi global Virus Corona (Covid-19) mengakibatkan ketidakpastian yang dapat secara signifikan mempengaruhi pertimbangan (judgement) entitas dalam menyusun laporan keuangan. Standar Akuntansi Keuangan (SAK) memberikan ruang bagi entitas dalam menggunakan pertimbangannya untuk menyelesaikan permasalahan akuntansi yang timbul akibat pandemi Covid-19. Namun kemungkinan penggunaan pertimbangan tersebut tidak dapat disalahgunakan oleh entitas untuk pada akhirnya menghasilkan laporan keuangan yang tidak merepresentasikan secara tepat posisi dan kinerja keuangan entitas yang sebenarnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Seminar Nasional Akuntansi 2020 Himpunan Mahasiswa Program Studi D-III Akuntansi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga di tahun ini mengangkat tema “Pengaruh Masa Pandemi dan Krisis Ekonomi Terhadap Perlakuan Akuntansi” secara daring di tanggal 24 Oktober 2020 dengan Narasumber Riska Nur Rosyidiana SE.,M.Ak (Akademisi/Peneliti/Dosen Akuntansi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga) dan Dr. Rida Perwita Sari, SE, Maks, Ak, CA, CPA (Ikatan Akuntan Indonesia). Kegiatan tersebut diikuti oleh 259 peserta + 50 peserta lolos maint event Kompetisi Akuntansi Airlangga (KAA) 2020.

“Saya berharap bahwa dengan diadakannya kegiatan ini mampu memberikan wawasan serta pengetahuan kepada para peserta, agar peserta mengetahui bagaimana dampak dari masa pandemi serta krisis ekonomi ini terhadap perlakuan akuntansi sehingga peserta lebih siap menghadapi tantangan dan mampu menerapkannya di dalam dunia kerja” ujar Alfian Darmawan selaku ketua pelaksana Seminar Nasional Akuntansi 2020.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart