Pulihkan Kembali Desa Wisata Setelah Pandemi

Vokasi News – Webinar dengan tema “Menghidupkan Kembali Desa Wisata Setelah Pandemi” adalah kegiatan pelatihan yang diadakan Himpunan Mahasiswa (HIMA) D3 Kepariwisataan / Bina Wisata, Universitas Airlangga (10/10/2020),. Kegiatan ini dilakukan secara daring dengan Live di aplikasi Youtube.

 

Menurut panitia, pandemi yang telah berlangsung beberapa lama ini membawa dampak pada seluruh sektor kehidupan yang ada, tidak terkecuali dari sektor Pariwisata. Sektor pariwisata sendiri bisa dikatakan merupakan sektor yang lumpuh total selama pandemi berlangsung. Tidak hanya hotel, umkm, usaha kuliner dan objek wisata yang besar saja yang terdampak dengan adanya pandemi ini, namun juga desa wisata. Dengan adanya pandemi ini, pendapatan desa wisata dari sektor pariwisata merosot turun karena sempat mati, sehingga desa wisata harus dihidupkan kembali.

 

“Mengapa desa wisata? Karena sebenarnya desa wisata saat ini obyek atau destinasi yang paling ideal. Satu, wilayahnya sangat dekat disekitar kita, tidak terlalu jauh, ini sesuai dengan karakter wisatawan yang akan datang, yang tidak ingin pergi terlalu jauh karena masih ada ketakutan. Dan juga kemudian masih belum mengikuti tur sehingga belum memaksimalkan teman-teman di travel agen”  papar Dr. Sri Endah Nurhidayati, S.Sos., M.Si., selaku dosen mahasiswa D3 Kepariwisataan / Bina Wisata, Universitas Airlangga.

 

Dr. Sri Endah mengatakan bahwa desa wisata menjadi sangat ideal karena merupakan wisata outdoor sehingga memungkinkan protokol kesehatan lebih aman dan mudah diterapkan. Juga dapat menghindari kerumunan dalam satu lingkup.

 

Dr. Sri Endah juga menambahkan bahwa untuk menghidupkan kembali desa wisata maka perlu dilakukan identifikasi kembali perihal produk, yang kedua adalah re-branding terkakit dengan protokol kesahatan, sumber daya manusia semakin ditingkatkan, dan yang terakhir adalah dengan memperluas relasi sesama desa wisata.

 

Writer : Hani Haruming Putri

Editor : Alifta Wulan Kusuma

Share on

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart