METHANOL 2020 : Medical Laboratory Technologist Olympiad

Vokasi News – Dimasa saat ini ahli Laboratorium Medis menjadi cukup popular. Terutama disaat pandemi seperti ini, Ahli Tenaga Laboratorium Medis sangat banyak dibutuhkan. Rumah sakit mulai kekurangan tenaga medis untuk mengatasi pandemi COVID-19. Masyarakat pun mulai menyadari betapa pentingnya tes laboratorium dalam menegakkan diagnosa suatu penyakit, dokter pun sangat menyadari betapa pentingnya profesi ini.

 

Oleh karena itu, program studi D-III Teknologi Laboratorium Medis FV UNAIR menjadi salah satu wadah bagi para calon Ahli Tenaga Laboratorium Medis. HIMA  Teknologi Laboratorium Medis FV UNAIR memiliki keinginan yang lebih kuat lagi dalam memperkenalkan profesi ahli tenaga laboratorium medis, khususnya program studi D-III Teknologi Laboratorium Medis dan Fakultas Vokasi kepada masyarakat khususnya siswa-siswi SMA/SMK/MA. Mereka berinisiatif untuk membuat suatu perlombaan tingkat nasional dalam bentuk mini quiz yang bernama METHANOL (Medical Laboratory Technologist Olympiad) untuk siswa-siswi SMA/SMK/MA.

 

Tujuan di adakannya METHANOL ini adalah memperkenalkan Fakultas Vokasi khususnya program studi D-III Teknologi Laboratorium Medis kepada masyarakat luas. Kemudian sebagai wadah bagi siswa-siswi SMA/SMK/MA sederajat yang berpotensi secara akademik dalam hal sains dan laboratorium medis.dan yang tak kalah penting adalah untuk mencapai target Fakultas Vokasi Universitas Airlangga guna memperoleh mahasiswa baru yang berasal dari luar Jawa.

 

METHANOL kali ini diikuti kurang lebih 330 peserta se-Indonesia. Mini quiz tersebut menguji kemampuan para peserta dalam hal sains dan laboratorium medis. METHANOL Mini Quiz diselenggarakan secara online dengan sasaran peserta individu. METHANOL Mini Quiz terdiri dari 2 babak, yaitu babak penyisihan dan babak final. Pada babak penyisihan dilaksanakan ujian tulis melalui media Google Forms yang berisi soal-soal tentang laboratorium medis (Hematologi, Bakteriologi, Imunologi, dan Parasitologi) serta sains (Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia). Peserta diberi waktu 100 menit untuk mengerjakan 100 soal.

 

Suasana video conference ‘METHANOL : Olimpiade Nasional Sebagai Wadah Para Calon ATLM Indonesia’ oleh HIMA D3 Teknologi Laboratorium Medis

 

Peserta yang lolos dari babak penyisahan akan lanjut ke babak final. Pada babak final konsep yang digunakan yakni LIVE flash quiz dengan media Zoom, peserta akan menjawab soal secara langsung dengan menggunakan fitur raise hand pada media zoom. Peserta babak final merupakan 10 orang dengan nilai terbaik dan waktu pengerjaan tercepat dari babak penyisihan. Dan dimenangkan oleh Citra Alfianisa Zuhroh dari SMAN 4 Malang. METHANOL juga rupanya banyak mendapatkan respon positif dari para peserta.

 

“Sangat menantang,banyak soal soal yang belum paham jadi paham,pokonya the best deh menjadi pengalaman juga” @debisiti

 

“Mantap dan soalnya HOT” @cindyirma

 

“Sangat menyenangkan juga mengasyikkan meskipun ada juga rasa penasaran ,dengan adanya methanol dapat memberi banyak

 

pengetahuan , wawasan tentang seberapa jauh mengenal jurusan TLM intinya tidak sia- sia mengikuti nya.” @ermanurohmawanti

 

“Dilakukan via online seru tapi lebih seru via offline semoga tahun depan dapat di lakukan secara offline” @ahmadfauizi

 

“seru, soalnya mantap bgt” @yulianafidda

 

“ Dengan begitu harapan dari acara ini berguna untuk meningkatkan pengetahuan siswa SMA tentang dunia medis bidang TLM, yang tidak diajarkan di tingkat SMA. Sebaliknya, hal ini juga berlaku untuk siswa di tingkat SMK jurusan TLM. Melihat banyak komentar positif dari peserta, semoga tahun depan antusias peserta methanol semakin meningkat dan semakin seru acaranya”  ungkap Nely Sari selaku ketua pelaksana METHANOL 2020.

 

Writer : Safira Indah Fitriani

Editor : Bella Vionyta Putri

 

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart