SITE(Himasi IT Safety) – Membentuk insan yang pandai dalam menggunakan teknologi di masa pandemi

Vokasi News – Salah satu kewajiban mahasiswa tak lain yaitu melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi,sebagai contoh yaitu melakukan pengabdian masyarakat. Dimana mahasiswa harus terjun ke dunia kemasyarakatan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di kalangan masyarakat.

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Diploma Sistem Informasi (SI) Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan webinar SITE (Himasi Safety Explanation) dengan tema Teknologi dan Psikologi, pada Sabtu (24/10/2020) dilaksanakan secara virtual melalui zoom. Pemateri utama pada webinar ini adalah salah saru alumni D3 Sostem Informasi yaitu, Wilma Alya Nurhuda,A.Md.Kom.

Kita sudah memasuki era revolusi 4.0 dimana semua kegiatan tak luput dari teknologi. Karena sekarang perubahaan jaman semakin canggih.  Dari pemikiran diatas, kami sebagai mahasiswa D3 Sistem Informasi melakukan pengabdian masyarakat berupa pemberian modal pemahaman teknologi agar dapat dimanfaatkan untuk membantu negeri khususnya di masa pandemi ini kepada masyarakat umum.

Kegiatan Webinar ini dimulai pukul 09.00 WIB dimulai dengan sambutan sambutan yang disampaikan ketua pelaksana, ketua Himpunan D3 Sistem Informasi, Ketua Program Studi D3 Sistem Informasi. Acara selanjutnya adalah pemaparan materi oleh pemateri. Dengan materi yang disampaikan berjudul “Teknologi terhadap psikologi manusia”.

Dalam sambutanya, Pramita Resky Pebriyanti selaku ketua pelaksana menuturkan “Dengan diadakanya webinar ini saya berharap masyarakat lebih sadar akan kontribusi teknologi  yang dapat dimanfaatkan dengan bijak. Selain itu,ada tips dan trik untuk menjaga psikologi masyarakat terhadap penggunaan teknologi saat ini”.

Memasuki acara inti, Mbak Wilma Alya Nurhuda selaku pembicara mulai memaparkan materi. Di dalam materinya beliau menyampaikan bahwa setiap tahun pasti kita mengalami kemajuan teknologi. Teknologi dapat membantu kita dalam memperluas wawasan dan dapat mempermudah kebutuhan manusia, salah satu contohnya di bidang ekonomi, di saat pandemi seperti ini, kemajuan teknologi sangat dibutuhkan untuk mempermudah pemasaran produk, yaitu terdapat uang elektronik, dan berkembangnya e – commerce yang dapat mempermudah jaringan bisnis.

Tidak hanya dampak positif, teknologi juga memiliki dampak negatif contohnya di bidang ekonomi terjadi pembobolan rekening, mempermudah dalam penyelundupan narkoba. Ironis nya, teknologi juga mempengaruhi psikologi seseorang khususnya kalangan anak-anak, mereka sangat bergantung terhadap smartphone, dengan segala game yang tersedia, serta aplikasi penunjang lainnya yang dapat mempengaruhi seseorang untuk selalu berfokus pada satu hal, yaitu smartphone. Sebagai smart people kita harus tau batasan batasan dalam menggunakan kemajuan teknologi.

Kesimpulan dari materi yang disampaikan pemateri adalah gunakan teknologi dengan bijak, karena baik buruknya dampak teknologi bergantung pada pengguna.

Writer : Dania Rikha Prasanti

Share on

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart