HISTORI (HIMASI Industrial Trip)– Build a Career with Information Systems

Vokasi News – Sistem Informasi merupakan salah satu program studi yang dekat dengan teknologi, khususnya teknologi informasi. Dan PT.XL Axiata perusahaan swasta pertama yang menyediakan layanan telepon seluler di Indonesia, yang mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 8 Oktober 1996.

Pada Jumat, 23 Oktober 2020 dan Minggu, 25 Oktober 2020 melalui zoom kami mengadakan acara HISTORI (HIMASI Industrial Trip) yang dihadiri alumni kami, lulusan Diploma III Sistem Informasi Universitas Airlangga, yaitu Mas Zuhad Achmad Fachrian, A.Md, Kom, seorang Software Developer, UI/UX, dan Graphic Designer. Bukan hanya itu, di hari kedua kami sangat beruntung karena kami sukses mendatangkan tamu spesial, yaitu Bapak Gatut Dwinanto, selaku manager IT PT.XL Axiata Indonesia.

Jumat, 23 Oktober 2020, pukul 18.40 tepat kami buka acara HISTORI yang telah dihadiri oleh Koordinator Program Studi Diploma III Sistem Informasi Universitas Airlangga, Ibu Endah Purwanti,S.Si.M.Kom beserta dekan baru kami, yaitu Prof. Dr. Anwar Ma’ruf, M.Kes drh. Malam yang cukup dingin, kami hangatkan dengan berdiskusi bersama Mas Zuhad. Beliau menyampaikan berbagai ilmu baru yang dapat menjadi modal untuk kami ketika lulus nanti. Sebelumnya kami diarahkan akan menjadi apa diri kita di kehidupan nanti?. Beliau juga membubuhkan beberapa nasehat seperti memanfaatkan masa kuliah semaksimal mungkin dan bersiap mengahadapi tantangan. Uniknya, beliau juga menitipkan sebuah pesan agar kita selalu antusias untuk belajar dan selalu penasaran dengan hal baru . Pada kesempatan itu, Mas Zuhad juga menyelipkan beberapa topik mengenai Sistem Informasi seperti Front-end Developer, Data Analyst, dan masih banyak lagi. Kami pun merasa puas dengan topik pada hari pertama. Tidak lupa sebuah kata penutup yang melengkapi diskusi kami, yaitu “Kembali ke diri untuk menggali skill dan lakukanlah apa yang kita suka”.

Tidak mengurangi semangat dan antusias kami, karena pada hari selanjutnya di tengah-tengah kami hadir seseorang yang sangat inspiratif, yaitu Bapak Gatut Dwinanto. Berbeda dengan hari pertama, tepat pukul 10.00 kami mulai kembali dengan suasana diskusi yang baru. Kali ini dekan kami ditemani oleh Ibu Tesa Eranti Putri,S.Kom.M.Kom selaku pembina HIMASI juga narasumber spesial kami yaitu Bapak Gatut Dwinanto selaku manager IT PT.XL Axiata Indonesia. Di akhir pekan kami berdiskusi mengenai Business Intelligence yang dibagi menjadi 8 poin penting yaitu Back to Future, BI As Big Umbrella, Big Picture, Implementation, Use Cases, Role in BI, Story of Choluteca bridge, dan Q n A. Setiap poinnya mempunyai fokus tersendiri. Tidak hanya itu, beliau juga menceritakan rangkaian sistem informasi yang ada di PT.XL Axiata yang beliau tempati saat ini. Hal ini yang menarik perhatian kami untuk bertanya lebih mendalam lagi. Acara ditutup dengan sesi foto bersama melalui on camera zoom kami masing-masing.

Setelah acara HISTORI yang dilakukan secara online tersebut, kami berharap seluruh mahasiswa D3 Sistem Informasi mampu menyerap seluruh ilmu yang telah didapatkan dengan baik guna modal kami untuk berpartisipasi membangun negeri dengan program studi yang saat ini mereka tempuh.

 Portofolio is King. Show and Explain Your Masterpiece.

Writer : Pramita Resky Pebriyanti

Share on

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart