D3 Akuntansi Gelar Pengabdian Masyarakat Secara Daring

Vokasi News – Pengabdian masyarakat D3 akuntansi di masa pandemi ini dilakukan secara daring. Himpunan mahasiswa prodi D3 akuntansi Fakultas Vokasi UNAIR bersama beberapa Dosen, diantaranya Bani Alkausar S.Pn. M.S.A. , Yanuar Nugroho S.E. M.Sc. Ak. CA. , Phima Ruthia Dwikesumasari S.E.  M.SM. dilakukan pelatihan dan pendampingan guna untuk membantu UMKM upaya bangkit dimasa pandemi covid 19. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu (29/8), pada pukul 10.00 hingga pukul 13.00 WIB.

 

Dalam Pengmas daring tersebut,  para pelaku UMKM diberikan materi mengenai strategi mengatur keuangan di masa Pandemi Covid-19. Di antaranya, pelaku UMKM harus melakukan penjualan produk secara daring. Selanjutnya, mereka juga diberikan pelatihan mengenai cara menyusun laporan keuangan.

 

Pengabdian masyarakat dengan tema “ Pelatihan Akuntansi dan Manajemen Keuangan UMKM secara Daring dalam Masa Krisis Pandemi Covid-19” bersama UMKM Kampung Batik Jetis Sidoarjo. Dalam Acara tersebut mendapat antusias dari pelaku UMKM Batik Jetis Sidoarjo, di samping itu pelaku UMKM juga menjelaskan keluh kesah mereka selama pandemi covid-19 ini.

 

Shelma Nur Azzahra selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa agenda tahunan itu diadakan sebagai wadah diskusi antara akademisi dan para pelaku UMKM. Tujuannya agar UMKM Kampung Batik Jetis dapat meningkatkan profit dan meminimalkan kegagalan keuangan selama Pandemi Covid-19. “Kami ingin memberikan solusi dengan strategi yang tepat kepada pelaku UMKM, khususnya UMKM Kampung Batik Jetis” ujarnya.

 

Keluh Kesah dari para pelaku UMKM Batik Jetis di Sidoarjo ini selain manajemen keuangan/akuntansi tentang pemasaran dan perpajakan.  Kemudian materi pertama disampaikan oleh Phima Ruthia Dwikesumasari S.E. M.SM. yang menjelaskan tentang pemasaran dimasa pandemi apa saja manfaat pemasaran secara online dan bagaimana cara memasarkan secara online. Kemudian materi kedua disampaikan oleh Bani Alkausar S.Pn. M.S.A. menjelaskan  tentang modernisasi perpajakan.

 

Ketua UMKM Kampung Batik Jetis Sidoarjo Zainal Afandi mengungkapkan materi yang dipaparkan sangat aplikatif dan bermanfaat digunakan dalam kegiatan UMKM sehari-hari. “Kelihatannya teman-teman UMKM sangat antusias. Apalagi materi yang disajikan berhubungan dengan perdagangan sehari-hari, terutama materi pemasaran” ucap Zainal.

 

Bukan hanya itu, dalam kegiatan tersebut peserta juga diberikan pemahaman terkait strategi pemasaran produk secara daring. Hal itu disampaikan oleh sejumlah Dosen Fakultas Vokasi UNAIR diantaranya Yanuar Nugroho S.E.M.Sc.AK. CA.. ; Phima Ruthia Dwikesumasari S.E. M.S.M. ; dan Bani Alkausar S.Pn.M.S.A.

 

Writer : Bagas Anang

Editor : A. Diajeng Sekar Ayu Puteri

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart