Language Club : Answering the challenge of globalization with Mandarin and Japanese skills

Vokasi News – Memasuki era globalisasi atau pasar bebas, tiap individu dituntut untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang handal terutama di bidang komunikasi. Untuk menghadapi tantangan bahasa dalam kegiatan internasionalisasi, Kementerian Keilmuan dan Prestasi BEM Fakultas Vokasi Universitas Airlangga menyelenggarakan webinar berbentuk workshop dan mentoring berjudul “Language Club” dengan tema Answering the challenge of globalization with Mandarin and Japanese skills. Webinar ini dilaksanakan pada Sabtu, 17 Oktober 2020 melalui Zoom dan Live Instagram di @ilpresbemfv.

Kegiatan Language Club sendiri berfokus pada bidang kebahasaan yang digelar dengan bentuk kegiatan pembelajaran bagi mahasiswa yang berminat menggali kemampuan berbahasa asing meliputi bahasa Mandarin dan bahasa Jepang. Kegiatan yang dihadiri lebih dari 100 peserta ini, dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan internasionalisasi mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, mengembangkan potensi mahasiswa dalam menguasai bahasa asing, serta menumbuhkan motivasi mahasiswa Fakultas Vokasi untuk berprestasi di dunia Internasional.

Demi terlaksana kegiatan workshop dengan baik, Kementerian Keilmuan dan Prestasi BEM Fakultas Vokasi Universitas Airlangga mengundang dua pembicara untuk kegiatan pembelajaran bahasa Mandarin dan bahasa Jepang. Pembicara yang hadir dalam kegiatan Language Club yakni Veronica Sanjaya Margatan, yang merupakan peraih juara 3 Lomba Menulis Esai Mandarin Jatim oleh Konsulat Jendral sebagai pembicara mentoring untuk materi bahasa Mandarin. Serta pembicara selanjutnya yakni Dini Kartika Sari, yang merupakan penulis buku ”Retak” : Kompilasi Buku Cerpen karya Mahasiswa D3 Bahasa Jepang SV UGM 2019 sebagai pembicara mentoring di bidang bahasa Jepang.

Kegiatan Language Club dibuka pada pukul 10.00 WIB oleh MC dan dilanjutkan dengan perkenalan pembicara. Setelah itu pembicara memulai pemaparan materi dalam bidang Bahasa Mandarin. Pada pemaparan materi ini, Veronica menjelaskan mengenai Hanyu Pinyin, kosa kasa untuk percakapan sehari-hari, pola kalimat dalam bahasa Mandarin, tulisan Hanzi, dan kebudayaan China. Setelah materi bahasa Mandarin, kegiatan pun disambung dengan pemaparan materi bahasa Jepang. Dalam kesempatan kali ini, Dini membahas mengenai potensi yang dimiliki oleh Jepang, huruf Hiragana, kosa kata sederhana, percakapan yang sering digunakan sehari-hari, struktur kalimat dalam bahasa Jepang, fakta-fakta unik tentang Jepang, serta kesempatan pertukaran pelajar Indonesia ke Jepang. Terdapat juga sesi tanya jawab setelah pemaparan materi lalu ditutup dengan kuis berhadiah yang menjadi babak paling seru di kesempatan kali ini.

Dengan dihadiri oleh lebih dari 100 peserta dari mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, Kementerian Keilmuan dan Prestasi BEM Fakultas Vokasi Universitas Airlangga sebagai penyelenggara kegiatan merasa berterima kasih atas partisipasi dan antusias peserta serta berharap agar ilmu yang disalurkan menjadi bermanfaat.

Penulis            : Jasmine Khairunisa

Editor             : Nabila Putri Mulyaningtyas

Share on

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart