WEBINAR : AMANKAH DONOR DARAH DI KALA PANDEMI?

Vokasi News – Wabah COVID-19 yang sedang melanda hampir di berbagai belahan dunia menyebabkan seluruh aktivitas menjadi terhambat. Begitu juga Indonesia yang menjadi salah satu negara terdampak akibat pandemi ini. Berbagai tatanan kehidupan seperti penangganan kesehatan menjadi tidak stabil. Meski saat ini seluruh dunia sedang fokus terhadap penanganan COVID-19 akan tetapi,  masih banyak penyakit lainnya yang juga membutuhkan perawatan dan tidak sedikit dari berbagai penyakit tersebut yang membutuhkan transfusi darah. Seperti halnya korban kecelakaan atau ibu melahirkan yang mengalami perdarahan.

Tim redaksi Fakultas Vokasi (FV)  berkesempatan melakukan wawancara online dengan ketua pelaksana Donor Darah 2020. Dia adalah Tsamara Farah Nabila , Mahasiswa D3 Teknologi Laoratorium Medis angkatan 2019 yang bernaung di bawah kementerian pengabdian masyarakat & lingkungan hidup BEM Vokasi 2020.

Senin (19/9/2020) pada waktu  siang kemarin,  telah berlangsung acara web seminar donor darah 2020 bertajuk “Amankah Donor Darah di Kala Pandemi”. Acara ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahaasiswa (BEM) Fakultas Vokasi UNAIR.  Jumlah partisipan webinar donor darah ini mencapai kurang lebih 100 peserta yang merupakan gabungan dari mahasiswa dan siswa SMA se-derajat dari berbagai daerah. Acara webinar ini merupakan puncak acara dari serangkaian acara Donor Darah 2020 yang sebelumnya telah dilaksanakan lomba essay dan juga lomba poster bertemakan “Donor Darah di Era New Normal”.

Agenda ini merupakan salah satu program kerja tahunan dari Kementrian Pengabdian Masyarakat dan Lingkungan Hidup BEM FV UNAIR.  Menurut ketua pelaksana, Tsamara Farah Nabila, terdapat perbedaan konsep acara dari tahun-tahun sebelumnya karena terkendala pandemi. “Seharusnya acara ini berlangsung secara offline dan acara bisa terlaksana dengan mendatangkan pihak PMI seperti tahun-tahun sebelumnya, sayang sekali kendala pandemi mengharuskan untuk dilaksanakan secara online,” ujarnya.

Meskipun konsep acara dirubah, pada pelaksanaanya acara donor darah 2020 ini mendapatkan banyak antusias dari mahasiswa maupun siswa SMA yang ingin mengekspresikan  atau  mengemukakan opini mereka tentang donor darah di era new normal melalui tulisan essay maupun gambaran poster.

Tsamara berharap,  melalui acara ini edukasi seputar donor darah di kala pandemi dapat menambah  wawasan masyarakat dan juga mensosialisasikan agar masyarakat tidak merasa khawatir  lagi apabila ingin mendonorkan darah di tengah kondisi pandemi. Dia juga berharap kesadaran  masyarakat dalam  membantu sesama terutama pada bidang kemanusiaan dapat semakin meningkat. Selain itu, masyarakat dapat saling besinergi dalam membantu pihak PMI memenuhi pasokan kebutuhan darah di berbagai daerah.

Penulis   : Izza Husniatul

Editor     : A. Diajeng Sekar Ayu Puteri

Share on

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart