Webinar Sahabat Literasi : Tingkatkan Literasi untuk Indonesia Lebih Baik

Vokasi News – UNESCO menyebutkan Indonesia urutan kedua dari bawah soal literasi dunia, artinya minat baca sangat rendah. Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan. Oleh karena itu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Vokasi UNAIR melalui Kementerian Pengabdian Masyarakat menggelar Webinar Sahabat Literasi dengan tema “Tingkatkan Literasi untuk Indonesia Lebih Baik”, yang dilaksanakan pada Sabtu (24/10/20) melalui Zoom. Kegiatan Webinar ini dilaksanakan mulai pukul 09.00 hingga pukul 12.00 WIB.

Webinar yang dibuka untuk Mahasiswa Fakultas Vokasi dan Umum ini dibuka oleh Isnaini Wahyu Utami selaku MC, lalu juga ada Calvina Fatima A. yang menjadi Moderator dalam pelaksanaan acara ini. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pelaksana Webinar Sahabat Literasi 2020 ini yaitu Savira Eka Febryanti dari D3 Perpustakaan Angkatan 2018. Tidak itu saja, kegiatan ini juga dihadiri oleh Rifqi Abiyyu C. Ketua BEM yang dari Prodi D3 Adm. Perkantoran Angkatan 2018 dan Leonardo Dito P. selaku Menteri BEM Pengabdian Masyarakat dan Lingkungan Hidup dari D-III Perpajakan Angkatan 2018.

Acara webinar ini dibagi menjadi tiga sesi pemaparan materi oleh narasumber yang berbeda. Untuk sesi pertama membahas mengenai Peran Penggerak Literasi dalam Menumbuhkan Budaya Inklusi di Masa Pandemi yang disampaikan oleh NS. Tunggul Harwanto, S.KEP, M.KES selaku Founder & CEO Rumah Literasi Indonesia. Kemudian materi selanjutnya yang kedua disampaikan oleh Achmad Fikri Fitrananda, S.IIP. membahas tentang Harta, Tahta, Pramoedya yang sedikit menjelaskan konsep Intertekstual dari seorang pakar sastra dari Rusia yaitu elemen inti dari semua bahasa, yang berupa interaksi linguistik dari setiap individu atau kelompok dalam konteks sosial tertentu. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan materi ketiga oleh Ariani Safitri, S.Sos. selaku Founder dan Koordinator Komunitas Kumpul Dongeng yang membahas tentang Meningkatkan Kemampuan Literasi melalui Mendongeng dan Membacakan Cerita. Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab dan respon peserta webinar ini sangat baik.

Savira, selaku Ketua Pelaksana webinar ini pun berharap ilmu yang disampaikan dapat bermanfaat dalam menunjang maupun meningkatkan perkembangan literasi di Indonesia ini, sekaligus menambah wawasan baru bagi mahasiswa atau peserta yang telah mengikuti webinar ini.

Penulis             : A. Diajeng Sekar Ayu Puteri

Editor              : Nabila Putri Mulyaningtyas

Share on

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart