Hari Terakhir Pelaksanaan Pelatihan LKMM-TD oleh Fakultas Vokasi untuk Calon Pemimpin di Masa Mendatang

Vokasi News – Hari ketiga pelaksanaan pelatihan LKMM-TD oleh Fakultas Vokasi secara online telah berlangsung pada Minggu (15/11/2020) dan dihadiri sebanyak kurang lebih 176 mahasiswa dari Fakultas Vokasi. Pada kesempatan hari ini, acara dibuka dengan materi Hakikat Motivasi yang disampaikan oleh Dyah Pusptasari, S.Kom., M.Hum selaku pembicara pertama. Motivasi sendiri merupakan daya pendorong yang meangkibatkan seorang mau dan rela untuk mengerahkan kemampuan dalam rangka pencapaian tujuan. “Mahasiswa harus bisa termotivasi akan suatu hal yang positif dan mampu melihat peluang yang ada untuk memaksimalkan potensi diri,” kata Ibu Dyah.

Erat kaitannya dengan materi pertama, materi tentang pengambilan keputusan ini merupakan hal yang wajib disampaikan kepada mahasiswa. Disampaikan langsung dari bromo, Dr. Sri Endah Nurhidayati, S.Sos., M.Si selaku pembicara kedua ini menuturkan, bahwasanya menurut beliau mengambil keputusan itu dapat berdasarkan pengalaman yang dialami oleh diri sendiri. Karena, melalui pengalaman tersebut, mahasiswa mampu belajar dan mengambil keputusan yang tepat.

Setelah mengambil keputusan, kehidupan organisasi mahasiswa juga tidak jauh dari yang namanya konflik. Konflik merupakan suatu seteru atau perselisihan yang terjadi diantara satu individu dengan individu lainnya. Bapak Novianto Edi Suharno, S.ST. Par., M.Si  hadir sebagai pemberi materi pengendalian konflik.

Beliau mengatakan bahwa, “Suatu konflik itu dapat dikendalikan apabila suatu individu mampu memahami individu lain.” Nah, ternyata memahami suatu individu merupakan salah satu solusi untuk mengatasi konflik yang terjadi di tengah-tengah kehidupan organisasi mahasiswa.

Materi keempat ini memiliki judul teknik penyusunan kegiatan yang  disampaikan oleh Riky Tri Yunardi, ST., MT. Materi ini dihadirkan setelah ishoma karena pembahasannya yang menarik dan penting terkait dengan penyusunan proposal. Melalui materi ini diharapkan mahasiswa mampu mengaplikasikan teknik-teknik yang baik dalam menyusun kegiatan.

Sebagai penutup acara, materi tentang penyempurnaan usulan kegiatan yang disampaikan oleh Dr. Tika Widiastuti, S.E., M.Si merupakan langkah akhir untuk menyempurnakan suatu usulan kegiatan ketika mahasiswa telah usai membuat semua rancangan yang ada dalam suatu kegiatan. Dalam hal ini, Ibu Tika, sapaan hangatnya tersebut membagi langkah-langkah penyempurnaan usulan kegiatan menjadi tiga bagian, yakni penjadwalan, sasaran, dan strategi.

Beliau juga mengajak mahasiswa untuk menyampaikan pendapat-pendapat mereka sebagai suatu usulan dalam menyempurnakan suatu kegiatan. Setelah mendengar pendapat-pendapat tersebut, Ibu Tika menyampaikan kalimat manis sekaligus kalimat inti di akhir acara, “Pada intinya mahasiswa itu tidak hanya dituntut memiliki skill untuk memahami. Tetapi, mahasiswa juga harus mampu menjadi agen perubahan,” ucap Ibu Tika.

Penulis: Zahwa E. Bella

 

Share on

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart