Pemberian Wawasan Kebagsaan Pada Legislator Muda Kampus Mealui Webinar Legislation Class

Vokasi News – Seorang mahasiswa sebagai legislator kampus memiliki tuntutan untuk dapat mengawasi serta menontrol jalannya kegiatan dari eksekutif mahasiswa. Selain itu pula, seorang legislator kampus memiliki tugas untuk menjaring aspirasi mahasiswa kemudian melakukan advokasi kepada pihak Fakultas yang bertujuan untuk  tercapainya proses kegiatan di lingkup Fakutas berjalan dengan sinergis. Selain tuntutan serta tugas menjadi legislator kampus, seorang mahasiswa juga memiliki tuntutannnya sendiri yaitu prestasi akademik. Hal tersebut memunculkan keresahan bagi para legislator kampus terhadap pengambilan sikap bagaimana cara menyeimbangkan prestasi akademik dan mengemban tugas organisasi.

Demi mengulik sedikit keresahan tersebut serta mencarikan solusi atas keresahan tersebut. Badan Legislatif Mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga mengadakan webinar Legislation Class yang ber-temakan Mahasiswa Sebagai Legislator Muda Berwawasan Kebangsaan. Mengapa wawasan kebangsaan? Karena dengan adanya paham terkait wawasan kebangsaan akan membawa dampak terhadap keberhasilan seorang mahasiswa sebagai legislator muda untuk mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi serta menjalankan fungsi sebagai mahasiswa yang bertanggung jawab dalam mengemban amanah serta bermanfaat bagi sesama.

Pada sesi pertama disampaikan oleh Ibu Septiyani Prihatiningsi., S.KM., M.K.KK beliau merupakan dosen di Universitas Airlangga Surabaya. Ibu Septiyani menyampaikan banyak sekali ilmu-ilmu yang sangat bermanfaat bagi kita semua. Mulai dari kegunaan softskill untuk masa depan kita, bagaimana sebuah organisasi membentuk softskill seorang mahasiswa, hingga bagaimana seorang mahasiswa dapat berorganisasi secara dinamis.

“Berorganisasi itu penting, karena saat seorang mahasiswa menghadapi kelulusan itulah dimana awal mental kita diuji. Dengan beorganisasi itu sama saja kita membekali diri agar siap menghadapi segala ujian yang ada kedepannya.” Tutur Ibu Septiyani

Dari materi yang disampaikan Ibu Septiyani, dapat di simpulkan bahwa organisasi dan prestasi akademik merupakan 2 hal yang sejatinya tidak bisa ditinggalkan salah satunya. Seorang mahasiswa harus memiliki kedua hal tersebut untuk bekal di masa selanjutnya. Dimana peran mahasiswa itu seharusnya dapat menyeimbangkan softskill melalui proses berkembangnya seorang mahasiswa dalam organisasi serta hardskill melalui proses berkembangnya seorang mahasiswa dalam perkuliahan.

Kemudian materi dilanjutkan oleh Khoirotun Layyinah yang merupakan Ketua Badan Legislatif Mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga Tahun 2019 dan merupakan mahasiswa lulusan terbaik di Universitas Airlangga. Dalam webinar Legislation Class, Khoirotun Layyinah memaparkan banyak hal, salah satunya adalah terkait keterampolan yang harus dimiliki mahasiswa organisatoris namun tetap ingin unggul dalam akademis. Khoirotun Layyinah menyingkatnya dengan sebulan COLLEGE yaitu Communication skill, Organizational skill, Leadership, Logic, Effort, Group skill, Ethics.

Webinar Legislation Clas 2020 dihadiri kurang lebih 150 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa fakultas vokasi dan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya. Pelaksana acara mengucapkan terimakasih banyak kepada kedua pemateri yang telah memberikan ilmu yang bermanfaat, serta terimakasih banyak kepada seluruh peserta yang hadir dengan antusias dan semangatnya. Semoga ilmu yang di dapat dari Legislation Class dapat di amalkan dalan kehidupan sehari-hari demi mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi serta menjalankan fungsi sebagai mahasiswa yang bertanggung jawab dalam mengemban amanah serta bermanfaat bagi sesama.

 

Writer : Fitaloka Amelia Kusuma Wardani

Share on

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart