VOKASI UNAIR

FKp dan Vokasi UNAIR Lakukan Pengabdian Masyarakat untuk Ibu Hamil Risiko Tinggi di Lamongan

Vokasi News – Adanya imbauan untukstay at home menyebabkan masyarakat dibatasi aktivitasnya kecuali untuk keperluan yang sangat penting termasuk pada ibu hamil. Ibu hamil memang lebih berisiko  terinfeksi virus corona, karena daya imun nya cenderung lebih lemah, meski begitu pemeriksaan kehamilan tetap perlu dilakukan secara rutin untuk memantau kesehatan ibu dan janin.

Selama masa pandemi Covid-19, terdapat 17.369 ibu hamil dan 20 % (3.474) diantaranya adalah ibu hamil dengan komplikasi. Situasi ini menggerakkan dosen Keperawatan Fakultas Vokasi dan Fakultas Keperawatan untuk melakukan pengabdian kepada masyaratat khususnya kepada ibu hamil risiko tinggi. Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memberikan edukasi terkait pemeriksaaan kehamilan (ante natal care) pada ibu hamil selama masa Covid-19.

Dr. Lestari sudaryanti,dr., M.Kes., Amellia Mardhika, S.Kep., Ns., M.Kes., Arina Qona’ah, S.Kep.,Ns.,M.Kep. dan Anestasia Pangestu MT., S.Kep., Ns., M.Kep lakukan pengabdian masyarakat di Balai Desa Candisari Kecamatan Sambeng Lamongan, pada Selasa (15/12/2020).

Ibu hamil memiliki kewajiban untuk melakukan pemeriksaan secara berkala baik di pelayanan Kesehatan primer maupun rumah sakit rujukan terutama pada ibu hamil risiko tinggi. Pemeriksaan Kesehatan selama pandemi membutuhkan persiapan baik secara fisik maupun mental. Sebagian besar ibu hamil merasa cemas ketika mereka harus keluar rumah atau melakukan pemeriksaan kehamilan di rumah sakit di masa pandemi.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya ibu hamil dengan risiko tinggi dan risiko sangat tinggi dalam melakukan Ante Natal Care (ANC) pada kondisi pandemic Covid-19,” ujar Arina Qona’ah, S.Kep.,Ns.,M.Kep.

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat tersebut, penyajian video materi diberikan kepada ibu hamil sebagai informasi terkait ANC pada situasi pandemic, dalam kegiatan pendidikan kesehatan kepada ibu hamil tentang bagaimana pelaksanaan ANC.

Selengkapnya kunjungi http://news.unair.ac.id/2021/01/05/fkp-dan-vokasi-unair-lakukan-pengabdian-masyarakat-untuk-ibu-hamil-risiko-tinggi/

Writer : Achmad Ubaidillah Mughni

Editor : Khefti Al Mawalia

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!