VGI (Vocation Go International) 2021 Vocation Go International 2021 : Upgrade Your Capacity In The Competitive Era.

Diselenggarakan : Sabtu, 27 Maret 2021

            Vokasi News – Pendidikan Vokasi adalah program pendidikan pada jenjang perguruan tinggi yang pada umumnya memiliki tujuan untuk menyiapkan individu mahasiswa yang memiliki keahlian profesional dalam mengembangkan, menerapkan, menyebarluaskan teknologi atau kesenian serta mengupayakan kinerjanya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan dapat bersaing secara global.

Menurut , Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia , bahwasannya kurikulum pendidikan vokasi harus ditata dengan menyesuaikan kebutuhan secara internasional. Dengan begitu alumni vokasi juga bisa dikenal dan dapat lebih mendunia dengan bekal kompetensi yang dimiliki.

Oleh karena itu Kementerian Keilmuan dan Inovasi Prestasi BEM Fakultas Vokasi Universitas Airlangga , menyelenggarakan acara dengan nama VGI (Vocation Go International). Acara ini juga dihadiri oleh Prof. Dr. Anwar Ma’ruf, M.Kes.,drh selaku Dekan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, beliau menuturkan bahwasannya acara yang diselenggarakan oleh panitia memiliki tujuan yang baik dan beliau juga berharap jika acara ini nantinya mendobrak ketertarikan Mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga terhadap kegiatan internasional dan juga mencetak prestasi di kancah internasional.

Acara ini juga dihadiri oleh Dr.Tika Widiastuti. S.E.,M.Si selaku Wakil Dekan I Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Vocation Go International  menghadirkan 3 pembicara yang sudah berpengalaman pada bidang kegiatan taraf internasional. Menurut data panitia penyelenggara acara Vocation Go International peserta yang menghadiri acara tersebut sebanyak 163 Mahasiswa.

Pada saat sesi penyampaian materi, menurut Rarasanti Rania Qodri dalam acara Vocation Go International (27/3) ia membawakan  materi bertajuk Vocation Go International : “Preparing For International Event”. Ia menuturkan dalam materi, bahwasannya dalam mengikuti ajang internasional kita harus mengetahui minat dan keinginan kita sendiri, lalu membuat planning terhadap apa yang akan di persiapkan dalam mengikuti ajang internasional di iringi dengan riset, dan point terakhir yakni eksekusi. Eksekusi yang Rarasanti maksudkan adalah ketika kita sudah mempersiapkan beberapa hal tadi, kita diharapkan langsung mendaftar kegiatan dengan taraf internasional , misalnya Student Exhange, Volunteerism, Summer School, Symposium, dan banyak lagi.

Menurut, Perlaungan Iffah Nasution, alumni Universitas Airlangga Jurusan Ilmu Administrasi Negara dan juga sebagai Manager Program Aftercare di Yayasan Ghanation. Dalam acara Vocation Go International (27/3) ia membawakan materi bertajuk “Beyond Yourself Trough Exchange Program”. Ia menyampaikan ada 3 alasan kenapa harus mengikuti exchange program antara lain sebagai languange improvement, build networking, dan sebagai self-wisdom. Disini Perlaungan juga menyampaikan empat tips and trick dalam mengikuti ajang internasional, antara lain :

  • Be aware with the requirements and eligibility
  • Concerning on one specific issue, particularly global issues
  • Showcase yourself and your impacts with clear explanation better if you write down the beneficiaries
  • Never stop to try

Dalam acara Vocation Go International (27/3) Ibu Aprilia Putri Pradana menyampaikan beberapa materi untuk Mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga tentang kegiatan internasional. Perlu diketahui beliau merupakan Head Global Partnership and Consortiium, Airlangga Global Engagement at Airlangga University. Dalam acara tersebut beliau menyampaikan materi dengan judul “Unlock your ignorance, improve your performance”. Ibu Aprilia menyampaikan, bahwa bagi Mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga yang ingin mengikuti ajang internasional, pihak AGE Universitas Airlangga telah menyiapkan tempat untuk mempersiapkan hal tersebut. Dukungan yang diberikan pihak AGE Universitas Airlangga yaitu logistical support, learning support, capacity building, emotional and health support. Beliau juga menyampaikan beberapa aktivitas yang akan dilakukan ketika mengikuti ajang internasional antara lain credit transfer, credit earning, research, internship, community service.

 

Beliau juga menyampaikan beberapa keuntungan jika para mahasiswa mengikuti ajang intrnasional antara lain :

  • Program belajar di luar negeri meningkatkan prestasi akademik siswa
  • Siswa yang pernah belajar di luar negeri kemungkinan besar akan melanjutkan ke studi lebih lanjut.
  • Peluang studi di luar negeri dapat digunakan sebagai alat pemasaran yang berharga untuk merekrut siswa baru.
  • Mobilitas siswa internasional dapat membawa wawasan baru ke departemen akademik, yang dapat meningkatkan kurikulum dan administrasi untuk semua siswa.
  • Jaringan dengan lembaga mitra untuk memecahkan masalah kredit bagi siswa dapat menciptakan jaringan disipliner baru, dengan manfaat untuk kolaborasi penelitian.

 

Tujuan diselenggarakan VGI (Vocation Go International) yang diadakan oleh Kementerian Keilmuan dan Inovasi Prestasi BEM Fakultas Vokasi Universitas Airlangga yaitu menggerakan minat mahasiswa fakultas vokasi universitas airlangga akan ketertarikan dengan kegiatan dengan taraf international. Tujuan lain dari terselenggaranya acara ini yaitu Mahasiswa Vokasi Universitas Airlangga diharapkan untuk mencetak prestasi di kancah internasional dan diharapkan alumni Mahasiswa Vokasi dapat memperkenalkan kepada dunia bahwasannya lulusan vokasi juga dapat bersaing di kancah internasional sama seperti teman-teman lulusan Strata I.

Terselenggaranya acara ini dengan mengusung tema Upgrade Your Capacity In Competitive Era yaitu untuk meningkatkan jiwa kompetitif antar Mahasiswa Vokasi Universitas Airlangga pada bidang akademik dalam skala internasional dan juga memotivasi seluruh Mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga untuk mencetak prestasi sebanyak-banyaknya di bidang akademik maupun non akademik dalam kancah internasional.

Share on

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart