VOKASI UNAIR

Penyelanggaraan HIMASI Industrial Trip (HISTORI) 2021

VOKASI NEWS – HISTORI merupakan acara tahunan yang disenggelarakan oleh Himpunan Mahasiswa D3 Sistem Informasi, Falkutas Vokasi, Universitas Airlangga yang bertujuan untuk sharing atau berbagi ilmu dan pengalaman di dunia kerja khususnya pada bidang industri teknologi. Kegiatan HISTORI ini seharusnya dilakukan dengan berkunjung ke perusahaan sehingga mahasiswa bisa melihat langsung bagaimana suasana dan pengalaman dari dunia bekerja khususnya di bidang industri teknologi. Namun, karena terbatasnya kegiatan akibat pandemi COVID-19, sejak tahun lalu HISTORI dilakukan secara online dalam bentuk webinar. HISTORI tahun ini mengusung tema “Enhancing Information System Knowledge with a Different Experience” yang memiliki arti meningkatkan pengetahuan sistem informasi dengan pengalaman yang berbeda karena diadakan secara online. Namun, tidak mengurangi makna dari kunjungan industri yaitu memberikan insight atau pengetahuan bagaimana lulusan sistem informasi saat ini dibutuhkan di dunia industri teknologi. Bahkan dengan diadakan secara online, mahasiswa bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak mengenai berbagai perusahaan dari pemateri yang diundang.

Berdasarkan hal tersebut, segenap panitia acara HISTORI mengadakan webinar selama dua hari yaitu Sabtu (28/8/2021) yang dimulai pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB dan Minggu (29/8/2021) pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara online menggunakan platform Zoom Meeting dan dimoderatori oleh Nadya Lovita mahasiswa D3 Sistem Informasi selaku panitia acara.

Pada hari pertama, HISTORI 2021 dihadiri dan diberi sambutan oleh Bapak Rachman Sinatriya Marjianyo, B.Eng., M.Sc. selaku ketua prodi D3 Sistem Informasi. “Hidup itu pilihan ada yang menonton netflix sambil tiduran atau mengikuti webinar HISTORI, dan ilmu dapat diterima kapan saja.” ujar Pak Rachman.

Ketua prodi D3 Sistem Informasi saat memberi sambutan

dalam “HISTORI 2021” (Foto: Rizky Akbar Ramadhan)

 

Tidak hanya Bapak Rachman, sambutan dilanjutkan oleh Ibu Tesa Eranti Putri,S.Kom., M.Kom. selaku Pembina HIMASI. “Amati dan cermati, jangan sia-siakan kesempatan ini.” ujar Ibu Tesa.

Setelah sambutan selesai, acara selanjutnya yaitu materi yang dibawakan oleh Tantut Wahyu Setyoko, S.Kom selaku pembicara dan pemateri pada hari sabtu (28/8/2021). Kak Tantut sendiri bekerja di Ruparupa.com sebagai Data Analyst. Pada kesempatan itu Kak Tantut menyampaikan tentang apa saja yang dilakukan oleh Kak Tantut selama bekerja di perusahaan tersebut, menceritakan tentang perjalanannya sebelum bekerja di Ruparupa.com, dan tidak lupa memberikan tips, trik, dan motivasi untuk mahasiswa tentang dunia kerja.

Diakhir acara, ada sesi tanya jawab terkait materi yang disampaikan Kak Tantut dan juga ada kuis berhadiah untuk pemenang yang beruntung.

Pada hari kedua, lebih tepatnya Minggu (29/8/2021) yang dimulai 13.00 WIB hingga selesai, HISTORI 2021 dihadiri dan diberi sambutan oleh Dr. Tika Widiastuti, SE., M.Si. selaku Wakil Dekan 1 Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga.

Dilanjutkan oleh Kretawiweka Nuraga Sani selaku pembicara dan pemateri di hari Minggu (29/8/2021). Kak Eka (panggilan akrab Kretawiweka) sendiri bekerja di Shopee sebagai Software Engineer. Pada kesempatan itu, Kak Eka menyampaikan hal-hal apa saja yang dibutuhkan di dunia pekerjaan khususnya pada bidang Sistem Informasi dan berbagai pengalaman selama bekerja di Shopee. Sama seperti Kak Tantut, Kak Eka juga tidak lupa memberikan tips, trik dan motivasi untuk mahasiswa tentang dunia kerja.

Setelah materi selesai disampaikan, sama seperti hari sebelumnya, di akhir acara juga ada sesi tanya jawab terkait materi yang disampaikan Kak Eka dan juga ada kuis berhadiah untuk pemenang yang beruntung.

 

Penulis: Rizky Akbar Ramadhan

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!