VOKASI UNAIR

Sahabat Literasi 2021 : Menumbuhkan Literasi Generasi Muda

VOKASI NEWS – Kementerian Sosial Masyarakat dan Lingkungan Hidup BEM Vokasi Unair yang berkolaborasi dengan Duta Vokasi Unair telah menyelenggarakan pengabdian masyarakat bertajuk “Sahabat Literasi 2021”, yang dilaksanakan pada tanggal 25 dan 26 Agustus 2021, bertempat di Madrasah ibtidaiyah Al-Abror, Dusun Kalikajang, Desa Gebang, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo.

Sahabat Literasi ini merupakan serangkaian acara hybrid yang sebelumnya telah dilaksanakan secara online berupa webinar “Literasi Pemuda untuk SDGs yang Lebih Baik dan Masa Depan Bangsa Kita” dengan menghadirkan pembicara yaitu Anggita Veronica Marthin. Acara yang mengusung tema “Literacy is an inspiration. By reading book, we can be the 5.0 generation in the millenial era” ini terdiri dari beberapa kegiatan. Kegiatan tersebut diantaranya, pengajaran kepada siswa-siswi MI Al-Abror mengenai tokoh-tokoh pahlawan Indonesia, budaya Indonesia dan english tracking pada hari pertama, dilanjutkan pengajaran ragam Indonesia, membaca dan menulis, berdongeng, awarding, serta peresmian Vokasi Pojok Literasi pada hari kedua. Acara ini diikuti secara offline oleh siswa-siswi kelas 1 hingga kelas 6 MI Al-Abror yang berjumlah 31 orang.

Menurut Tri Aryantono Ramadhan selaku Ketua Pelaksana Sahabat Literasi 2021, tujuan dari acara ini adalah memberikan kontribusi kepada masyarakat, khususnya siswa-siswi sekolah terpencil berupa penguatan literasi, baik dengan membaca, menulis, dan berpikir kritis untuk generasi muda yang lebih baik. Selain itu, adanya peresmian Vokasi Pojok Literasi yang merupakan hasil dari galang dana ini juga bertujuan untuk memberdayakan sekaligus memfasilitasi siswa-siswi MI Al-Abror dalam mengakses literasi yang lebih memadai. Mengingat lokasi sekolah ini berada di tengah tambak yang cukup sulit dijangkau dan jauh dari kota.

“Harapannya, semoga Sahabat Literasi senantiasa dapat memberikan kebaikan bagi seluruh pihak serta memberikan manfaat dan dampak yang signifikan dalam menumbuhkan literasi khususnya di kalangan anak-anak. Dan tak hanya berhenti disini, semoga Sahabat Literasi setiap tahunnya akan tetap berjalan dengan capaian yang lebih memuaskan.” Pungkasnya.

Penulis : Nabila Putri Mulyaningtyas

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!