VOKASI UNAIR

A systematic review of lactation counseling for exclusive breastfeeding

VOKASI NEWS – Air Susu Ibu (ASI) memiliki banyak manfaat kesehatan untuk ibu dan bayi. ASI mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan bayi sejak lahir dan berlanjut selama setidaknya 6 bulan seperti yang direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO) dan American Academy of Pediatrics (AAP). Menyusui dapat melindungi bayi terhadap diare dan penyakit umum pada anak seperti pneumonia, dan juga memiliki manfaat kesehatan jangka panjang yang lain bagi anak, seperti mengurangi risiko kelebihan berat badan dan obesitas pada masa kanak-kanak dan remaja serta memiliki manfaat bagi ibu yaitu memberikan jarak pada kehamilan selanjutnya, mencegah perdarahan, mengurangi risiko kanker payudara hingga sebagai ungkapan kasih sayang ibu kepada bayinya. Jika ibu tidak memberikan ASI, maka manfaat ini tidak akan diperoleh untuk ibu maupun bayi. Manfaat menyusui telah didokumentasikan di seluruh dunia, tetapi menurut data dari UNICEF, hanya 42% anak di bawah 6 bulan yang menerima ASI eksklusif pada tahun 2018. Data tersebut masih di bawah target UNICEF sebesar 50% pada tahun 2025.

Mendukung pada target dunia dalam mencapai keberhasilan menyusui eksklusif, program yang dilakukan adalah program cuti hamil dan melahirkan, kebijakan tentang pemasaran internasional pengganti ASI, promosi media, dukungan Rumah Sakit sayang bayi, dukungan tempat kerja bagi ibu bekerja, kebijakan sosial pro menyusui dan adanya konseling menyusui.

Konseling menyusui merupakan salah satu upaya yang dapat diambil oleh pemerintah dalam tujuh tindakan untuk mendorong kemajuan dalam menyusui yaitu dengan meningkatkan akses ibu ke konseling menyusui terampil di fasilitas kesehatan. Adanya kebutuhan untuk mendengarkan dan menerima pendapat ibu tanpa penilaian dan membantu ibu untuk membuat pilihan terbaik berdasarkan informasi dan saran yang relevan yang diberikan oleh konselor laktasi dan kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi ibu menyusui, maka kegiatan konseling menyusui ini diharapkan dapat mendukung ibu untuk selalu tetap menjaga ASI diberikan secara eksklusif. Konseling ini diberikan dua kali selama kehamilan dan lima kali setelah melahirkan.

Konseling menyusui mencakup penjelasan kepada ibu tentang manfaat menyusui dan bagaimana hal itu dapat dimulai dari saat bayi lahir hingga usia 2 tahun, dimana tertuang pada program dari 10 langkah menuju keberhasilan menyusui yaitu memberi informasi kepada ibu hamil tentang manfaat dan manajemen menyusui, bagaimana melakukan inisiasi menyusu dini, memberikan cara menyusui dan cara mempertahankannya, tidak memberikan selain ASI (kecuali atas indikasi medis), melaksanakan rawat gabung, mendorong menyusui sesuai permintaan dan jangan memberikan dot atau kempeng.

Konseling dapat diberikan oleh ….

Selengkapnya kunjungi http://news.unair.ac.id/2020/07/24/menyusui-eksklusif-media-apa-yang-cocok-diberikan-oleh-tim-konseling-laktasi/

Artikel : https://www.psychosocial.com/article/PR270726/18661/
DOI : 10.37200/IJPR/V24I7/PR270726
Penulis : Amellia Mardhika

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!