VOKASI UNAIR

Mahasiswa D3 Perpustakaan Berdayakan TBM di Sekitar Kampus

Vokasi News – Sejumlah mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (UNAIR) yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa (Hima) D3 Perpustakaan gencar memberdayakan Taman Baca Masyarakat (TBM) di sekitar kampus. Kegiatan tersebut telah rutin dilakukan sejak tahun 2016 lalu.

Muhammad Rifqi Firmansyah selaku Ketua Hima periode 2020 mengatakan bahwa hingga kini ada dua TBM yang diberdayakan. Yakni TBM Pintar Cahaya di Jojoran I dan TBM Kalidami yang baru saja didirikan. Kedua TBM tersebut lokasinya tidak jauh dari Kampus B UNAIR.

Yang istimewa, TBM Pintar Cahaya dibangun atas gagasan dari Hima D3 Perpustakaan dengan swadaya warga sekitar. “Kegiatan ini sudah cukup lama berlangsung. Sebelumnya hanya ada satu TBM saja, lalu pada akhir 2019 kami juga mengelola TBM Kalidami yang baru saja dibangun,” ucapnya pada kesempatan wawancara Senin (13/1/2020) kemarin.

Dalam satu minggu, para mahasiswa relawan rutin mengunjungi TBM. Tak sedikit yang mengakui bahwa hal yang mereka lakukan itu sudah menjadi kecintaan tesendiri bagi mereka.

Muhammad Rifqi Firmansyah menjelaskan, kegiatan yang dilakukan fokus pada peningkatan minat baca dan literasi anak-anak dengan mengajar dan banyak mengenalkan hal-hal baru. Dia melanjutkan, bahwa kegiatan itu terjadwal setiap Senin dan Rabu di TBM Kalidami, sedangkan hari Selasa dan Kamis di TBM Pintar Cahaya.

Tak jarang, para mahasiswa juga mengadakan kegiatan pengembangan yang menarik. Seperti berkreasi, mengadakan acara diskusi, dan bercerita. “Sering kali teman-teman juga mengajak anak-anak berkreasi, seperti membatik dan membuat kerajinan. Selain itu, ke depan kami berencana menghidupkan kembali kegiatan goes to museum yang sempat mati beberapa tahun lalu,” ungkapnya.

Hingga kini kegiatan pengabdian itu terus aktif dilakukan. Tenaga relawan yang sebelumnya hanya berasal dari anggota Hima D3 Perpustakaan saja, saat ini telah menggugah lebih banyak mahasiswa yang ikut serta.

Selain itu, bahkan dukungan dan perhatian terus mengalir dari berbagai kalangan. Mulai dari warga sekitar, mahasiswa, dosen, organisasi pegiat literasi hingga pemerintah. “Kami sangat bersyukur bahwa kegiatan ini sangat banyak mendapat perhatian. Sering teman-teman mahasiswa dari program studi lain yang ikut mengajar dan banyak juga warga sekitar yang menyumbang buku di TBM. Saya berharap kegiatan yang kami lakukan ini dapat menginspirasi organisasi-organisasi mahasiswa lain,” tutupnya. (*)

Writer :Erika Eight Novanty

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!