VOKASI UNAIR

International Webinar – INTEGRATION NEARSIDE 2021

Vokasi News – Himpunan Mahasiswa D3 Manajemen Perhotelan, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga menyelenggarakan sebuah rangkaian Webinar Internasional selama 4 hari (24 s.d. 27 November 2021) yang mengusung tema “Sustainable East Java Tourism Dimensions in The Pandemic Era”. Kegiatan ini dilakukan secara daring /online melalui zoom meetings dan live streaming di channel YouTube Chitchat Manajemen.

Webinar Internasional ini bertujuan untuk memperkenalkan sejarah budaya pariwisata dan penginapan yang ada di Indonesia, serta mengatasi permasalahan industri pariwisata pada masa pandemi COVID-19.

Ada beberapa pengisi acara dan pemateri hebat yang memeriahkan serta memberikan ilmunya kepada para audience, diantaranya; Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Dr. Wisnu Bawa Taruna Jaya, S.E., M.M., Kepala Dinas Kebudayaan & Pariwisata wilayah Banyuwangi M. Yanuarto Bramuda, Ketua IHGMA I Gede Arya Pering Arimbawa, SE., M.Si., CHA., General Manager of Majapahit Hotel Kaharuddin Salamun, Ahli Kreatif Bidang Pariwisata Nasional Taufan Rahmadi, Staff Ahli Bidang Pembangunan Keberlanjutan dan Konservasi KEMENPAREKRAF Dr. Frans Teguh, MA., UKM Sinematografi UNAIR Saudara Muhammad Bramuda, dan Executive Chef of Garden Palace Hotel Surabaya Ahmad Zainudin Hariadi, SS.

Masing-masing pembicara memaparkan kondisi pandemi COVID-19 di berbagai negara dan Indonesia dengan berbagai permasalahan serta tantangan yang ada yang harus dihadapi oleh sektor pariwisata, khususnya dunia perhotelan. Para pembicara pun juga memaparkan berbagai inovasi untuk menghadapi dan survive dimasa pandemi hingga pasca pandemi ini.

Webinar ini dihadiri oleh 300 peserta lokal dan 90 mahasiswa asing. Mereka tersebar dari beberapa universitas di Indonesia, hingga luar negeri diantaranya; University of Legal and Political Sciences, Management and Science University, Daffodil International University, Mykolas Romeris University, Universiti Teknologi Malaysia, TLDM, dan MLCKB.

(Potret pemaparan materi oleh pembicara)

Dian Yulie Reindrawati, S.Sos., MM., PhD selaku Kepala Prodi mengatakan bahwa acara

webinar internasional ini berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun, para pembicara mampu mempresentasikan materi dan dapat diterima dengan audience dengan baik.

“Kegiatan ini berhasil membuat audience tertarik, menikmati, dan menyimak dengan seksama

disetiap agenda acara. Selalu banyak pertanyaan yang diajukan oleh audience disaat sesi tanya jawab, banyak pula audience yang bersemangat pada saat sesi games, hingga sesi dokumentasi. Tema webinar dapat memicu semangat inovasi para audience untuk lebih sadar akan pariwisata” imbuhnya. 

Dengan semangat yang sama, Dian Yulie Reindrawati, S.Sos., MM., PhD berharap setelah adanya webinar internasional ini dapat menanamkan semangat yang tinggi dan mampu mendorong pelaku industri pariwisata menggunakan konsep keberlanjutan, serta mendukung program KEMENPAREKRAF dalam mengembangkan dan memperkenalkan desa wisata sebagai destinasi wisata go international.

 

Penulis : Cindy Laurencia Soebagio

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!