VOKASI UNAIR

Dosen Pariwisata UNAIR Bagikan Tips Aman Bertransaksi Online Jelang Nataru

VOKASI NEWS #Repost from UNAIR NEWS – Tingkat konsumerisme pada momen natal dan tahun baru kerap meningkat, termasuk konsumen dalam hal booking tiket dan akomodasi. Momen Nataru (Natal dan Tahun Baru) kerap menjadi sasaran empuk bagi para pelaku cybercrime dalam melancarkan aksinya untuk menipu korbannya.

Dosen pariwisata asal Universitas Airlangga buka suara mengenai cara antisipasi yang bisa dilakukan oleh masyarakat agar tidak menjadi korban cybercrime. M. Nilzam Aly S.Hum., M.Sc. menjelaskan lebih detail mengenai transaksi online yang aman sebelum merayakan momen natal dan tahun baru bersama keluarga.

“Sebelum melakukan proses transaksi secara online, cari tahu kondisi destinasi yang akan dituju mengenai keadaan daerah tujuan, dan persiapan biaya perjalanan secara jelas,” tutur dosen Pariwisata tersebut.

Biaya yang harus dikeluarkan tersebut di antaranya ialah berkaitan dengan konsumsi, transportasi, komunikasi seperti pulsa, termasuk paket data, penginapan atau hotel, buah tangan, biaya aktivitas berwisata, dan lain sebagainya.

“Jangan sampai aktivitas berwisata justru melampaui anggaran yang sudah ditetapkan,” ujar Nilzam.

Arahan selanjutnya adalah mengenai kehati-hatian dalam melangsungkan proses transaksi secara online. Nilzam menyarankan sebelum melakukan transaksi, pilihlah aplikasi yang terpercaya untuk melakukan proses reservasi. Tujuannya, konsumen terhindar dari resiko penipuan online seperti risiko penipuan secara scamming dan phising.

Menurut Nilzam, scamming dan phising merupakan modus kejahatan cybercrime. Di mana scamming berarti menggandakan data melalui mesin ATM. Sedangkan, phishing adalah menggandakan data melalui layanan internet banking.

Biasanya, modus pelaku ialah mengirim email kepada nasabah bank untuk masuk ke dalam layanan internet banking. Agar terhindar dari modus tersebut, ikuti tips ….

Selengkapnya kunjungi : http://news.unair.ac.id/2021/12/30/dosen-pariwisata-unair-bagikan-tips-aman-bertransaksi-online-jelang-nataru/

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!