VOKASI UNAIR

Sempat Ditiadakan Beberapa Semester, Mahasiswa D3 Kepariwisataan/Bina Wisata Kembali Laksanakan PKL (Praktek Kuliah Lapangan)

Pada 11 Januari hingga 14 Januari 2022, Program Studi D3 Kepariwisataan/Bina Wisata telah mengadakan kegiatan Praktik Kuliah Lapangan (PKL) yang rutin dilaksanakan pada tiap semesternya. Namun, pandemi COVID-19 yang sudah berjalan dua tahun PKL tidak bisa diselenggarakan. Akhirnya pada tahun ajaran Ganjil 2021/2022 PKL bisa diselenggarakan dengan tetap mentaati protokol kesehatan ketat.

Sebelum keberangkatan, mahasiswa dan dosen diwajibkan untuk mengikuti tes swab antigen. Hasilnya menunjukkan bahwa seluruh peserta swab antigen seluruh peserta negative covid 19. Total sebanyak 150 peserta berangkat pada 11 Januari 2022 pukul 21.00 WIB. Pelaksanaan PKL digunakan sebagai praktek lapangan seperti menjadi tour leader, tour guide, tour operator, serta penugasan dari beberapa matakuliah.

Matakuliah yang menjadi penugasan mahasiswa adalah Perencanaan Operasional Wisata, Geografi Pariwisata, Perencanaan Operasional Wisata, dan Teknik Pemanduan. Penugasan matakuliah meliputi observasi di objek wisata Kawasan Kota Lama Semarang, Lawang Sewu, Kotagedhe, Rumah Atsiri Indonesia, dan Telaga Sarangan. Selain pada Kawasan objek wisata, yang menjadi bahan observasi adalah pada komponen akomodasi dan transportasi

Serangkaian PKL ini juga diselenggarakan penjajakan kerjasama antara D3 Kepariwisataan/Bina Wisata dengan Rumah Atsiri Indonesia yang diwakili oleh General & Employee Affair Rumah Atsiri Indonesia, Sri Redjeki Swandayani. Penjajakan kerjasama yang disepakati meliputi magang mahasiswa, dosen tamu praktisi, penelitian terapan, dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan PKL ini menjadi salah satu aktifitas pembelajaran di luar kampus yang dilaksanakan oleh mahasiswa. Sehingga pengalaman ini menjadi sangat penting sebagai bekal setelah mereka lulus, utamanya berkaitan dengan dunia industri.

Suasana Pengerjaan Tugas Observasi Saat Penyelanggaran Tour Handling matakuliah Perencanaan Operasional Wisata.
KPS D3 Kepariwisataan/Bina Wisata saat penjajakan kerjasama dengan General Affair Rumah Atsiri Indonesia

Penulis: Zahrani

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!