VOKASI UNAIR

UPDATE RADIOLOGY IMAGING (UGI) 2022; TEKNOLOGI RADIOLOGI PENCITRAAN VOKASI UNAIR X FUJIFILM INDONESIA

“Short Course Digital Radiography & PACS System”

VOKASI NEWS – Bekerja sama dengan PT. Fujifilm Indonesia, program studi D4 Teknologi Radiologi Pencitraan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga mengadakan kegiatan seminar workshop Update Radiology Imaging 2022 mengusung tema “Short Course Digital Radiography & PACS System.” Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 22-23 September 2022 ini dibuka dengan sambutan dari bapak Muhaimin, S.Tr.Kes., M.T, selaku Koordinator Program Studi D4 Teknologi Radiologi Pencitraan dan Dekan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, Prof. Dr. Anwar Ma’ruf, drh., M.Kes. Acara ini dibentuk sekaligus guna memperingati hari jadi Program Studi D4 Teknologi Radiologi Pencitraan yang ke-38.

Kegiatan seminar sekaligus pembukaan pada hari pertama yaitu, Kamis 22 September 2022, dilaksanakan di Airlangga Sharia & Entrepreneurship Education Center (ASEEC) Tower dipandu oleh Zahra Octa Purinanda sebagai MC dan Arlika Dea Putri Prameswari sebagai moderator. Ahmad Sholahuddin Firdaus, Amd.Rad., S.KM selaku Assistant Product Manager PT. Fujifilm Indonesia memberikan materi mengenai “Basic Digital Radiography” dengan menghadirkan FDR Xair yang merupakan portable digital X-ray unit. Adapun Muhamad Rudiansyah seorang Senior IT & Workflow Specialist Medical PT. Fujifilm Indonesia memberikan materi mengenai “Basic DICOM, PACS, HL7, and RIS.” Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa Aktif D-IV Teknologi Radiologi Pencitraan pada semester 3, semester 5, Alih Jenjang serta Dosen Prodi dan Clinical Instructur (CI) Instalasi Radiologi dari berbagai rumah sakit di Jawa Timur khususnya.

Pada hari kedua yaitu, Jum’at 23 September 2022 dilaksanakan Hands On pelatihan yang dilaksanakan di laboratorium RSKI dan lab. komputer 202 Fakultas Vokasi yang dibuka dengan sambutan dari Dr. Tika Widiastuti, SE., M.Si selaku  Wakil Dekan 1 Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Laboratorium RSKI digunakan sebagai pelatihan Digital Radiography (DR), dipandu oleh bapak Ahmad Sholahuddin Firdaus dan diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 3. Pada pelatihan DR sendiri diajarkan mengenai input data pada DR, penjelasan perbedaan DR dan CR, pengenalan mode fDR (wireless, cable, hingga memory mode/image box), serta image processing hasil citra pada software Fujifilm yakni FDR Console Advance.

Adapun pelatihan Synapse PACS System dilaksanakan di lab. komputer 202 Fakultas Vokasi dengan mahasiswa semester 5, 7, Alih Jenjang, dan Clinical Instructur dari beberapa rumah sakit sebagai peserta yang dipandu oleh bapak Muhamad Rudiansyah dan tim Fujifilm. Pada pelatihan ini pihak Fujifilm memperkenalkan fitur software Synapse mereka, contoh penandaan tumor pada hasil citra CT-Scan dan dapat dibuat 3D view.

“Besar harapan dari dua hari pelaksanaan kegiatan Update Radiology Imaging 2022 kali ini adalah seluruh pihak yang terlibat mulai dari Mhasiswa aktif D-IV Teknologi Radiologi Pencitraan, dosen pengajar, dan Clinical Instruktur mendapat pengalaman dan pemahaman baru serta ilmu yang bermanfaat terkait perkembangan teknologi sistem radiologi khususnya. Tak lupa kepada pihak Fujifilm Indonesia agar tetap terjalin hubungan kerjasama yang baik dengan D-IV Teknologi Radiologi Pencitraan Universitas Airlangga” Ujar Ketua Pelaksana UGI 2022, Muhaimin, S.Tr.Kes., M.T.

Penulis: Naufal Fauzan Hannan

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!