VOKASI UNAIR

Grand Launching Buku East Java Tourism Outlook 2022 “Pariwisata Jatim Optimis Bangkit”

VOKASI NEWS – Pandemi COVID-19 yang saat ini melanda di seluruh berbagai belahan dunia termasuk Indonesia memiliki dampak begitu besar terhadap aktivitas masyarakat. Hal ini menyebabkan aktivitas masyarakat terbatas dan menimbulkan dampak di berbagai sektor, salah satunya adalah sektor pariwisata. Karena himbauan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia agar para masyarakat mengurangi perjalanan, menjaga jarak, dan menghindari keramaian ini menyebabkan penurunan kunjungan di destinasi wisata.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur (Disbudpar Prov. Jatim) sebagai salah satu badan dinas pemerintahan yang menangani Pariwisata memiliki peran yaitu : mendukung inisiatif sektor swasta dalam pemulihan pariwisata, memastikan bahwa sumber daya pariwisata dalam keadaan baik dan siap untuk pembukaan kembali sektor tersebut, memitigasi dampak buruk dari peristiwa yang terjadi seperti pandemi Covid-19.

Menjawab hal tersebut, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur berupaya untuk membangkitkan pariwisata di Jawa Timur pasca pandemi Covid-19 dengan menggandeng perguruan tinggi, Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (UNAIR) sebagai narasumber akademisi dan praktisi dalam bidang Pariwisata.

Fakultas Vokasi Universitas Airlangga turut mendukung adanya kolaborasi serta sinergitas yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur. Para praktisi dan akademisi yang hadir dalam kolaborasi ini adalah Novianto Edi Suharno, SST.Par., M.Si. selaku Wakil Dekan III Fakultas Vokasi, M. Nilzam Aly, S.Hum., M.Sc. selaku Koordinator Program Studi (KPS) Destinasi Wisata, dan Andy Umardiono, S.Sos., M.Si. selaku dosen praktisi program studi Destinasi Wisata.

Hasil pertemuan kesekian kalinya, antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur dan Fakultas Vokasi Unair menghasilkan buku yang telah rilis pada hari ini, Rabu, 7 Desember 2022 dengan judul buku “Outlook Pariwisata Jawa Timur 2022” di Ruang 360 degrees, Lantai 23, Hotel Double Tree by Hilton Surabaya, Jawa Timur.

Dengan peluncuran buku “Outlook Pariwisata Jawa Timur 2022”, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur dapat bersinergi dengan stakeholder terkait untuk bergerak bersama untuk mengembangkan dan membangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. juga turut memberikan apresiasi terhadap peluncuran buku untuk membangkitkan pariwisata di Jawa Timur, “Saya optimis, hasil forecast dan tren dari Rumah Perubahan yang berkolaborasi dengan Vokasi Unair lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif diharapkan akan tumbuh lebih baik melalui inovasi, adaptasi dan kolaborasi yang diterapkan untuk membawa Pariwisata dan Ekraf Jawa Timur kembali bangkit”.

Link E-Book : bit.ly/EJTOUTLOOK2022

Penulis : Alya Naura Yulita

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!