VOKASI UNAIR

Meningkatkan Skill Lapangan dan Teoritis dalam Bidang Inseminasi Buatan Melalui Webinar Nasional AIT (Artificial Insemination Training)

VOKASI NEWS – Program studi D3 Paramedik Veteriner kembali mengadakan kegiatan Webinar Artificial Insemination Training atau AIT yang kini terlaksana Nasional bertemakan Improve Your Artificial Insemination Skill. Terlaksana lantaran Inseminasi Buatan pada hewan ternak menjadi salah satu cikal bakal profesi paramedik veteriner nantinya ketika bekerja. Butuhnya jam terbang yang banyak serta pengetahuan teoritis yang matang juga menjadi salah satu bekal bagi mahasiswa-mahasiswi aktif dan alumni D3 Paramedik Veteriner.

Acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 24 April 2021 via Zoom dan menyediakan streaming live youtube. Mengundang Dekan Fakultas Vokasi Prof. Dr. Anwar Ma aruf, drh, M.Kes. dan beberapa jajaran dosen serta menggandeng  Dr. Abdul Samik, drh., M.Si dan Drh. Eprinanda Galuh Berliana sebagai narasumber, acara tingkat Nasional ini sukses berjalan dengan 129 peserta. Materi yang disampaikan tidak hanya tentang Inseminasi Buatan secara teoritis namun juga materi yang terlihat saat turun di lapangan kerja.

Dalam webinar tersebut dokter Abdul Samik menjelaskan bahwasanya keberhasilan Inseminasi buatan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kesuburan ternak pejantan, handling sperma yang akan digunakan, pendeteksian birahi, waktu dan teknik inseminasi buatan serta kesehatan ternak indukan. “Inseminasi buatan merupakan teknik yang harus dikuasai jika ingin menjadi inseminator. Bersyukur disaat bulan ramadhan dan masih dalam keadaan pandemi ini, kita masih mau meluangkan waktu dan bersemangat dalam menuntut ilmu. ” ujar dokter Abdul Samik pada saat penyampaian materi.

Inseminasi buatan adalah salah satu ketrampilan paramedik yang banyak dijadikan sebagai profesi kelak, maka dari itu dokter Eli menjelaskan dalam webinarnya apa saja yang harus kita kuasai dan bagaimana alur pengambilan sertifikasi inseminasi buatan tersebut. Harapannya pada saat mahasiswa D3 Paramedik Veteriner lulus dari Universitas Airlangga, mereka tidak lagi kesusahan untuk mendapatkan sertifikasi.

Jika dokter Abdul Samik menjelaskan bagaimana SOP Inseminasi Buatan dan berbagi pengalamannya saat di lapangan, dokter Berliana menjelaskan Inseminasi Buatan jika di pelajari dari sudut teoritis nya. Dengan ditayangkan video prosedur Inseminasi Buatan, diharapkan peserta Artificial Insemination Training dapat lebih mudah dalam pandangan Inseminasi Buatan.

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!