VOKASI UNAIR

PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA DENGAN OSH TRAINING

Vokasi News – OSH Training merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh HIMA Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga yang ditujukan bagi mahasiswa angkatan 2019. Kegiatan ini bertemakan SIL (Safety Integrity Level) dan LOPA (Level of Protection Analysis) yang diselenggarakan selama dua hari pada 17 Juli hingga 18 Juli 2021 pada pukul 07.30 hingga 17.00 WIB.

OSH Training bekerja sama dengan PJK3 Duta Selaras Solusindo dengan trainer Ibu Martyas Listyaningrum S.T seorang Process Safety Engineer di PT Pertamina Hulu Energy Offshore North West Jav dengan moderator Bapak Muhammad Defri S.KM seorang Operational Manager di PT Duta Selaras Solusindo. Training ini dihadiri oleh 58 mahasiswa dari angkatan 2019 dan angkatan 2020. Berdasarkan penanggung jawab, Akbar Galih Utomo menyatakan bahwa pemilihan tema ini karena pada mata kuliah proses safety, mahasiswa merasa sulit untuk mempraktikan sehingga training ini akan memudahkan mahasiswa.

Training ini diawali dari pengenalan materi dasar dengan games dimana mahasiswa akan menjawab pertanyaan yang diberikan trainer untuk mengetahui seberapa dalam ilmu proses safety yang diperoleh. Hal ini memudahkan trainer menjelaskan materi SIL dan LOPA. Training bukan sekadar penjelasan materi tetapi mahasiswa juga dituntut untuk dapat menyelesaikan beberapa tugas yang diberikan sesuai materi yang diperoleh sebelumnya. Satu hari terdapat dua kali penugasan untuk dikerjakan langsung oleh kelompok dengan masing-masing kelompok mendapatkan kasus yang berbeda. Setelahnya, setiap kelompok akan mempresentasikan hasilnya dan akan diperbaiki langsung oleh trainer.

Para mahasiswaa terlihat antusias terhadap acara training ini. Hal ini dibuktikan bahwa setiap trainer menjelaskan, mahasiswa akan merespons apa yang telah diketahui dan belum diketahui. Salah satu mahasiswa berpendapat bahwa walaupun dengan jadwal yang padat, training ini sangat membantu meningkatkan pemahaman mengenai proses safety dalam waktu dua hari. Trainer berkata bahwa dengan pelatihan ini diharapkan dapat menjadi nilai tambah bagi mahasiswa saat bekerja nanti khususnya di bidang proses safety.

 

Penulis : Anugrah Regita C

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!