VOKASI UNAIR

Kemeriahan Acara Tahunan D3 kepariwisataan “Seminar Nasional Pariwisata 2021”

Pada tanggal 20 November 2021, Himpunan Mahasiswa Pariwisata Universitas Airlangga menyelenggarakan acara tahunan yaitu Seminar Nasional Pariwisata. Seminar Nasional Pariwisata ini diadakan secara online malalui Room Zoom, dimana seperti yang kita ketahui bahwa semua masih terhalang dengan kondisi saat ini sehingga belum bisa mengadakan acara secara offline ditambah dengan jumlah peserta yang cukup banyak. Dalam acara ini mengundang pembicara-pembicara yang jelas sangat expert dalam bidangnya. Siapa saja sih pembicara tersebut? Pembicara dalam Seminar Pariwisata 2021 kali ini terdiri atas :

  • Andi Yuwono, S.SOS., M.SI  (Ketua Asosiasi Desa Wisata Indonesia)
  • Rizal Sahputra, SP. (Kepala Desa Wisata Taman Sari Banyuwangi)

                              Acara ini dimulai pada pukul 09.00 pagi, dengan jumlah peserta kurang lebih 300 membuat acara ini semakin meriah. Karena memang topik yang diangkat terkait pariwisata disetiap tahunnya sangat menarik. Paling banyak peserta merupakan mahasiswa-mahasiswa pariwisata, dimana memang disini kami memiliki keinginan Seminar Parwisata Nasional ini bisa memberikan output ataupun insight baru terkait dunia pariwisata terkini terhadap para peserta yang hadir.  Seminar Nasional Pariwisata ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan juga Hymne Airlangga, dilanjut dengan video Branding Prodi D3 Kepariwisataan, kemudian dilanjut sambutan ketua pelaksana Seminar Nasional Pariwisata 2021 serta sambutan oleh wakil ketua hima prodi D3 Kepariwisataan. Tak lupa juga pemberian sambutan dari koordinator D3 Kepariwisataan dan juga oleh Dekan Fakultas Vokasi UNAIR.

                              Kemudian barulah masuk kepada acara inti dimana sesi materi dimulai, pemberian materi yang pertama disampaikan oleh pembicara dari Asosiasi Pariwisata Indonesia yang mana semulanya oleh Bapak Andi Yuwono, S.SOS., M.SI  (Ketua Asosiasi Desa Wisata Indonesia) digantikan oleh bapal Ahmad Suhaib. Dimana materi yang disampaikan terkait dengan “Pola dan pendampingan Desa Wisata”. Kemudian dilanjutkan lagi oleh perwakilan dari Kemenetrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  yaitu Ibu Rickayatul Musliman yang mana beliau memberikan sambutan dan menerangkan terkait dengan kondisi pariwisata saat ini dan juga mengharapkan kekuatan calon-calon insan pariwisata muda untuk bisa kedepannya terus memajukan Pariwisata Indonesia dengan inovasi-inovasi terbaru. Dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh Ibu Sari Karta, perwakilan dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Baru kemudian penyampaian materi lagi oleh Bapak Rizal Saputra selaku Kepala Desa Wisata Taman Sari Banyuwangi, dimana materi yang yang disampikan terkait dengan “Dampak Positif Smart Kampung Dalam Membangun Desa Wista Taman sari”

                              Setelah semua pembicara menyampaikan materinya dilanjutkan dengan sesi dokumentasi terlebih dahulu baru kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta dengan pembicara. Kemudian disambung dengan penyerahan sertifikat dan Plakat kepada para Narasumber secara simbolis. Begitulah rangkaian acara Seminar Nasional Pariwisata 2021 yang diadakan oleh Hima Prodi Pariwisata Universitas Airlangga. 

Penulis : Alma Saphyra Sarrah Fina

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!