VOKASI UNAIR

Dorong Pertumbuhan UMKM, Prodi Manajemen Pemasaran Unair Gandeng Para Pengusaha UMKM Bantul melalui Pelatihan

VOKASI NEWS – Jogja (15/12/21) – Sejak merebaknya pandemi Covid-19 hingga saat ini, kondisi ekonomi Indonesia belum sepenuhnya pulih. Berbagai sektor tengah berbenah dan beradaptasi dengan kebiasaan baru. Sebagian lagi, berkonsolidasi untuk mengakselerasi lini bisnis yang masih memiliki potensi. Upaya pemulihan di sektor ekonomi tentu membutuhkan kontribusi dan usaha kolektif dari setiap elemen masyarakat, tak terkecuali perguruan tinggi.

Berkaitan dengan hal tersebut, Program Studi D3 Manajemen Pemasaran, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga, melakukan serangkaian pengabdian masyarakat. Kali ini, Prodi D3 Manajemen Pemasaran menggandeng UMKM yang tersebar di Kelurahan Panggungharjo, Bantul, Yogyakarta.  Acara yang berlangsung Selasa (14/12/21) di Balai Kalurahan Panggungharjo ini mempertemukan para pengusaha UMKM dalam forum pelatihan yang bertajuk Business Model Canvas (BMC) untuk UMKM.

“Para pengusaha di lingkungan kami ini, terutama di sektor UMKM, pahamnya hanya menjual produk saja. Tidak banyak yang mengerti tentang model bisnis apalagi business value. Banyak konsep bisnis 4P (product, price, place, promotion) yang kami ketahui jadi tidak relevan lagi karena pandemi Covid-19. Melalui acara ini kami berharap para pengusaha di Panggungharjo dapat mengenali, memperkuat, serta mengembangkan bisnis yang mereka miliki dengan lebih baik lagi,” ujar Lurah Panggungharjo Wahyudi Anggoro Hadi, S. Farm. Apt., saat memberikan sambutan.

Ketua panitia yang juga merupakan Koordinator Program Studi (KPS) D3 Manajemen Pemasaran Maurisia Putri Permatasari, S.E., M.Sc., menegaskan acara pengabdian masyarakat kali ini sangat penting untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM. Terlebih lagi, sektor ini merupakan tulang punggung perekonomian yang terbukti manjadi tameng Indonesia dalam melewati berbagai krisis seperti yang terjadi di tahun 1998 dan 2008.

Kegiatan pelatihan diawali dengan paparan singkat oleh pemateri Edwin Fiatiano, S. Sos., M.Si. mengenai kunci keberhasilan UMKM serta penjelasan mengenai Business Model Canvas (BMC) yang akan dibuat oleh para peserta. Selanjutnya, peserta dibagi dalam beberapa kelompok kecil yang didampingi oleh beberapa dosen Prodi D3 Manajemen Pemasaran; Edwin Fiatiano, S. Sos., M.Si., Rizka Miladiah Ervianty, S.E., MSM., dan Damar Kristanto, S.E., MSM.

Dalam kegiatan pelatihan ini, para akademisi dan praktisi Prodi D3 Manajemen Pemasaran mengajak para peserta dalam diskusi yang interaktif. Selain membagikan konsep, para pembicara juga membahas implementasi rill dari Business Model Canvas (BMC) dalam konteks bisnis yang dijalankan para peserta pelatihan. Setiap peserta diberikan kertas kerja berukuran besar sehingga semua partisipan dapat berperan serta secara aktif dalam diskusi.

Secara umum acara ini mendapat sambutan animo tinggi dari para peserta. Terbukti, banyak peserta yang enggan meninggalkan lokasi acara meski waktu pelatihan telah berakhir dan memilih untuk berdiskusi dengan para pembicara dan pendamping kelompok, berdiskusi untuk mendapat solusi mengenai permasalahan usaha yang tengah meraka hadapi sekarang. Beberapa peserta mengutarakan harapannya agar acara-acara serupa dapat digelar kembali dengan mengangkat tema-tema lain yang tak kalah penting dan relevan dengan permasalahan yang tengah dihadapi oleh pelaku UMKM saat ini.

Penulis: Moh. Darus Salam

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!