VOKASI UNAIR

BINA KOMUNITAS, HIMPUNAN MAHASISWA MANAJEMEN PERHOTELAN MENGADAKAN ACARA IMPLEMENTASI PENTAHELIX BAGI MASYARAKAT DESA WISATA

VOKASI NEWS – Himpunan Mahasiswa Manajemen Perhotelan mengadakan acara Bina Komunitas yang bertema “ Pembinaan Desa Ngubalan Ngawi Melalui Implementasi  Pentahelix Dalam Upaya Mewujudkan “Desa Wisata Unggulan Kayu Jati” Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 12 – 14 Agustus 2022 di Desa Ngubalan Kec. Kedunglanggar Kab. Ngawi Jawa Timur. Antusiasme acara ini di hadiri oleh Dinas Pariwisata, Perwakilan Desa, Karang Taruna Desa, serta Ibu PKK dan Papinkra. Rangkaian acara ini memperkenalkan program kerja Bina Komunitas yang berkunjung disebuah desa sebagai wadah untuk mengembangkan skill dan SDA & SDM yang memiliki suatu komunitas. Serta mengembangkan potensi desa wisata yang ada di daerah tersebut agar bisa dijadikan destinasi.

Bina Komunitas ini diawali dengan pengenalan materi pembinaan Desa Ngubalan Ngawi untuk merancang konsep dan ikut serta memberikan perancangan terhadap desa wisata yang akan direalisasikan. Para peserta terlihat antusias pada acara ini. Hal ini dibuktikan dengan pada saat sesi materi yang disampaikan oleh pemateri, sesi Tanya jawab, serta sesi praktik pengolahan makanan, pembuatan dan perealisasia  web, sosmed, ecommerce, serta pelatihan bahasa inggris dasar (speaking).

Hari kedua dan ketiga Bina Komunitas tidak kalah seru, sama dengan hari pertama pemateri yang hadir memberikan dan menjelaskan kepada masyarakat dengan baik dan berinteraksi dengan masyarakat desa. Diakhiri dengan senam pagi bersama dan mempercantik desa dengan cara gotong royong, memasang petunjuk arah untuk masuk ke Desa Ngubalan, dan menghias jalan dengan menggunakan cat. Dari diselenggarakannya acara ini diharapkan bahwa masyarakat Desa Ngubalan bisa menerima dan mendapatkan informasi seputar Bina Komunitas serta materi yang diberikan dapat diimplementasikan di desa tersebut. Terselenggaranya acara ini membantu branding produk desa tersebut (hasil karya, wisata, dll) melalui sosial media dan e-commerce.

Penulis : Nabilah Paramita Putri, Aulia Wahyu Fitria

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!