VOKASI UNAIR

Melatih Pengetahuan Table Manner, Mahasiswa Manajemen Perhotelan Mengadakan Kunjungan Hotel di Grand Darmo Suite Hotel Surabaya

VOKASI NEWS – Mahasiswa D4 Manajemen Perhotelan mengadakan acara Visit Hotel di Grand Darmo Suite yang berlokasi di jalan Progo No. 1-3 Kec. Wonokromo di Kota Surabaya. Acara tersebut dilaksanakan dengan tujuan menambah pengetahuan dan soft skill di dunia perhotelan untuk Mahasiswa dan Mahasiswi Manajemen Perhotelan.  Acara ini diselenggarakan pada tanggal 24 September 2022 pada pukul 07.45 dan berakhir pada pukul 13.40. acara ini diikuti oleh 90 peserta mulai dari panitia sendiri hingga Mahasiswa Manajemen Perhotelan khususnya angkatan 2021 dan 2022.

Kunjungan hotel ini disusun dari berbagai rangkaian kegiatan, yang diawali dengan registrasi peserta yang dimulai pada pukul 07.45 hingga 08.50 kemudian peserta memasuki ballroom. Pada pukul 09.00 dimulai dengan sambutan Ketua pelaksana acara kemudian dilanjut sambutan oleh ketua Himpunan Mahasiswa Manajemen Perhotelan. Setelah sambutan acara selesai peserta dilanjut dengan Hotel tour. Hotel tour merupakan kegiatan yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa secara langsung mengenai fasilitas, sarana dan prasarana serta operasional di sebuah hotel. Peserta dibagi menjadi berbagai kelompok dan didampingi oleh pemandu hotel tour. Pemandu tersebut mengajak peserta berkeliling hotel dan menjelaskan fasilitas dari hotel tersebut. Seperti fasilitas kamar, kolam renang, restaurant dan fasilitas lain yang ada di Grand Darmo Suite Hotel.

Setelah itu kemudian dilanjut dengan sesi Table manner yang diikuti oleh seluruh peserta yaitu Mahasiswa Manajemen Perhotelan angkatan 2021 dan 2022. Table manner merupakan tata cara makan yang mengatur cara duduk, cara penggunaan makan, dan etika saat makan. Table manner ini diharapkan bisa menunjukkan sikap yang baik saat perjamuan makan. MC mengajak peserta untuk melakukan Table manner yang tepat sesuai aturannya. Menu dari Table manner sendiri mulai dari Appetizer yaitu Classic Avocado Shrimp Salad Cocktail Dressing kemudian Soup Chicken mushroom cream with dried parsley, kemudian Main Course ada grilled tenderloin steak with black pepper sauce dan yang terakhir dessert yaitu vanila ice cream with cake served with fruits caramel.

MC juga memaparkan materi Table manner dari sejarah hingga bagaimana melakukan Table Manner sehingga bisa memberi pengetahuan sekaligus keterampilan oleh mahasiswa. Setelah kegiatan table manner dilanjutkan dengan kegiatan live cooking yang dilakukan oleh seorang chef dari Grand Darmo Suite Hotel yaitu chef Heru. Chef Heru melakukan live cooking dengan menu grilled tenderloin steak with black pepper sauce. Chef juga melakukan berbagai adegan memasak yang menyenangkan dan mudah untuk dipahami sehingga bisa dicoba dirumah. Setelah live cooking selesai kemudian dilanjut dengan kegiatan Bar Knowledge and Latte Art. Kegiatan tersebut mengajak dari perwakilan peserta mencoba untuk praktik langsung membuat minuman kopi dengan mesin kopi. Pak Feri sebagai ahli dalam pembuatan minuman kopi mengajarkan bagaimana menggunakan mesin kopi dan meracik kopi yang enak sehingga bisa menambah pengetahuan seluruh peserta acara tersebut. Setelah kegiatan kegiatan Bar Knowledge and Latte Art telah usai kemudian sesi penutupan acara pada pukul 13.40 yang ditutup oleh ketua pelaksana dan kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Dengan diselenggarakan kegiatan ini diharapkan seluruh peserta mahasiswa D4 Manajemen Perhotelan angkatan 2021 dan 2022 bisa mendapatkan pemahaman seputar pengetahuan di dalam perhotelan sehingga bisa mengembangkan mengembangkan potensi diri dan bisa sukses di dalam industri perhotelan. Diharapkan ilmu yang didapatkan dari acara ini dapat dilakukan sebagai acuan untuk Mahasiswa dan Mahasiswi D4 Manajemen Perhotelan menjadi pribadi yang kompeten dan unggul.

Penulis : Diva A’iny Rahmatilla

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!