VOKASI UNAIR

Universitas Airlangga Gelar Pelatihan Pengemasan dan Pemasaran Produk Unggulan Desa Kare Madiun

VOKASI NEWS #UnggahUlang – Menyadari pentingnya peningkatan keahlian warga desa dalam menjual produk BUMDES, maka Universitas Airlangga mengadakan pelatihan kepada para pegiat UMKM di Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 12 September 2022 bertempat di kantor Desa Kare, mulai pukul 09.00 sampai dengan 13.00.

Dua materi terkait dengan penguatan BUMDES adalah “Peran UMKM sebagai Penguat Branding Destinasi Wisata” dari Dr. Sri Endah, S.Sos., M.Si., dosen Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, serta “Optimalisasi Kemasan dengan Prinsip AIDA” oleh yang disampaikan oleh Dr. Tri Siwi Agustina, SE., M.Si., dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis dari universitas yang sama.

Dalam pemaparannya, Sri Endah menjelaskan bahwa tidak jarang produk UMKM lah yang membuat sebuah tempat wisata menjadi popular. Sebut saja misalnya makanan bakpia, pempek, atau gethuk pisang. Masing-masing ketiganya melekat pada popularitas wisata kota Jogja, Palembang dan Kediri.

“Teman-teman UMKM Desa Kare harus berani memunculkan produk nya sehingga Kare lebih popular. Produk kopi misalnya.” gugahnya.

Pada sesi kedua Dr. Siwi memberikan tips cara menguatkan kemasan produk dengan prinsip AIDA. AIDA adalah singkatan dari attention, interest, direction and action. Menurut Tri Siwi keempatnya bisa harus melekat pada kemasan produk. Kemasan yang baik harus bisa menarik perhatian, menciptakan ketertarikan, arahan (petunjuk) dan menggugah tindakan konsumen.  

“Contohnya botol kecap tanpa label ini. Bapak Ibu bisa langsung menebak ini merk apa walaupun kertasnya saya hilangkan.” Katanya sambil menunjukkan empat botol kecap yang mana langsung bisa ditebak dengan benar oleh peserta pelatihan.

Acara pelatihan sangat diapresiasi oleh Kepala Desa Kare, Bapak Sunarno. Sunarno berharap bahwa peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat, langsung pada produk yang dimilikinya.

“Bapak Ibu setelah ini langsung terapkan ya. Misal mendesain kemasan kopi yang bisa menarik dan mengarahkan pembeli. Demikian juga jangan lupa kasih nama Kare agar lebih terkenal” imbuhnya.

Pada sesi penutup, ketua pelakana pelatihan ini Dr. Prihartini Widiyanti, drg., M.Kes. menjelaskan bahwa ‘Pelatihan Pengemasan dan Pemasaran Produk Unggul Desa, Penyeiapan UMKM terstandar Daerah Wisata’ ini merupakan rangkaian kedua dari kegiatan besar Program Pengembangan Desa Binaan (PPDB) Universitas Airlangga.

“Kegiatan ini adalah komitmen Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Airlangga untuk mengembangkan ekowisata berbasis partisipatif-kolaboratif di Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun” pungkasnya. (YH)

Berita selengkapnya kunjungi : Universitas Airlangga Gelar Pelatihan Pengemasan dan Pemasaran Produk Unggulan Desa Kare Madiun

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori