VOKASI UNAIR

Manajemen Pemasaran Menggelar Kompetisi Ide Digital Marketing Bidang Jasa Siswa SMA/SMK/MA se-Indonesia Melalui National Studentpreneur Competition AIMMEX 2022

VOKASI NEWS – (17/09/2022) Manajemen Pemasaran menggelar acara Final & Awarding National Studentpreneur Competition 2022 atau biasa disebut NSC. National Studentpreneur Competition, merupakan serangkaian acara dari Airlangga Marketing Expo yang mana acara ini merupakan perlombaan marketing plan untuk siswa SMA/SMK/MAN di Indonesia.

Pada Tahun ini National Studentpreneur Competition mengangkat tema “What is the Role of Digital Marketing in a Service Business?”. Dengan tema ini diharapkan para peserta yang mengikuti dapat mengerti akan pentingnya dunia pemasaran terutama digital marketing yang saat ini sedang dibicarakan oleh banyak pihak, kami berkeinginan membagi ilmu dan ide kreatif dari para pelajar yang dituangkan dalam bisnis proposal.Dengan harapan, kedepannya tidak hanya menjadi sebuah pengajaran tetapi juga dapat diterapkan di dunia bisnis yang sesungguhnya .

Di dalam kompetisi ini para peserta dapat memilih 5 kategori jasa yaitu Bidang keuangan, kesehatan, pendidikan, transportasi dan komunikasi. Pada saat mengikuti kegiatan National Studentpreneur Competition terdapat beberapa tahapan yang harus dilewati oleh para peserta. Tahap pertama peserta diminta untuk mengirimkan abstrak dari ide pemasaran yang mereka susun. Dilanjutkan pada tahap kedua peserta mengumpulkan proposal ide pemasaran berdasarkan abstrak yang telah dibuat pada tahap pertama. Pada tahap ketiga peserta diminta membuat video penjelasan dari hasil ide pemasaran yang telah disusun dan tahapan terakhir yaitu Final & Awarding National Studentpreneur Competition 2022, peserta dimintai menjawab pertanyaan yang diajukan oleh juri dengan durasi penjawaban hanya lima menit saja.

Tahun ini National Studentpreneur Competition mengeluarkan tiga pemenang. Juara 1 dimenangkan oleh Tim Roemah Konsul dari SMAK Santa Agnes Surabaya, Juara 2 diraih oleh Tim Djiwa Djowo dari SMAN 1 Balongpanggang Gresik dan Juara 3 dimenangkan oleh Tim Peraga dari SMAK Santo Yusup Malang.

Selain serangkaian kegiatan perlombaan marketing plan, peserta juga diberikan pembekalan materi oleh Bu Phima Ruthia Dwikesumasari, S.E., M.SM. selaku salah satu juri dari National Studentpreneur Competition pada sesi Final & Awarding National Studentpreneur Competition 2022. Materi yang disampaikan selaras dengan tema National Studentpreneur Competition yaitu mengenai peranan Digital Marketing pada bidang jasa.

Dengan adanya National Studentpreneur Competition 2022 salah satu rangkaian AIMMEX 2022, para peserta diharapkan dapat memperoleh ilmu baru dan dapat mengimplementasikan apa yang telah dipaparkan oleh pembicara sehingga dapat mendukung wawasan peserta tentang marketing plan lebih dalam dan dapat menemukan kreatifitas baru dalam dunia pemasaran dan kewirausahaan pada era digital, khususnya pada bidang jasa.

Penulis : Alfanis Aisyah dan Fita Faidotul Hikmah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori