VOKASI UNAIR

GUEST LECTURE ABOUT CULTURE FROM UNIVERSITI MALAYSIA PAHANG (UMP)

VOKASI NEWS – Himpunan Mahasiswa Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga mengadakan acara Kuliah Tamu. Kegiatan Kuliah Tamu diselenggarakan pada tanggal 27 Mei 2022 pada pukul 13.00 hingga pukul 15.00 WIB dengan mengusung topic Safety Culture. Acara ini dihadiri lebih dari 60 mahasiswa dari angkatan 2019 hingga 2021. Rangkaian acara ini mengupas lebih dalam tentang budaya keselamatan yang sangat berguna bagi semua orang khusunya para pekerja di suatu industri atau perusahaan.

Acara Kuliah Tamu diawali dengan sambutan Dr. Tika Widiastuti. S,E,.M.Si selaku Wakil Dekan I Fakultas Vokasi. Setelah sambutan dilanjut pemaparan materi Safety Culture yang disampaikan oleh Azizan bin Ramli, Ph.D dari Universiti Malaysia Pahang (UMP). Beliau memaparkan bahwa budaya sangat erat kaitannya dengan kebiasaan. Oleh karena itu, Safety Culture perlu menjadi kebiasaan bagi pekerja agar setiap tindakan yang dilakukan aman dan tidak menyebabkan kecelakaan kerja ataupun penyakit akibat kerja. Selain itu, beliau juga memaparkan tentang teori-teori budaya keselamatan yang didasari oleh teori Domino Effect, H.W Heinrich. Teori tersebut merupakan dasar dari munculnya teori-teori lain.

Pada kegiatan Kuliah Tamu ini berjalan dengan lancar dan interaktif. Hal tersebut dibuktikan saat para peserta aktif menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pemateri di sela-sela pemaparan materi. Selain itu, pada saat sesi diskusi banyak peserta yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan materi yang telah disampaikan. Terselenggaranya event Kuliah Tamu dengan topic Safety Culture merupakan wujud upaya HIMA K3 untuk memperkuat implementasi budaya K3 dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis : Saka Wandhana Putri

Editor : Muizatul Oktavia Putri

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!