VOKASI UNAIR

HIMA K3 UNAIR MENYELENGGARAKA TRAINING K3 DALAM RANGKA PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA DI BIDANG LIFTING AND RIGGING

VOKASI NEWS – Himpunan Mahasiswa (HIMA) D3 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Fakultas Vokasi Universitas Airlangga telah melaksanakan kegiatan TRAINING K3 yang diselenggarakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 20 – 21 Agustus 2022 dan 17 September 2022 pada pukul 09.00 – 17.00 WIB secara luring di Gedung Kuliah Bersama Universitas Airlangga Kampus C. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya dengan mendatangkan PJK3 yang bidangnya sesuai dengan tema yang dipilih. Tema yang diangkat kali ini cukup menarik yakni “Lifting and Rigging Competency”.

Kegiatan Training K3 tahun ini bekerja sama dengan PJK3 PT Naura Solusi Utama dengan trainer Bapak Ir. Roslinormansyah, ST., M.KKK sebagai Safety Engineering Expert. Pada kegiatan ini dihadiri oleh 59 mahasiswa K3 angkatan 2020 dan peserta eksternal. Pemilihan tema “Lifting and Rigging” tersebut dikarenakan mahasiswa belum mendapatkan materi lifting and rigging secara lengkap dan disertai dengan praktik – praktiknya.

Pada hari pertama dan kedua, kegiatan Training K3 berisi pemaparan materi mengenai lifting and rigging atau pesawat angkat angkut. Dalam acara tersebut juga diselingi dengan games yang dapat mengembalikan rasa semangat para peserta training sehingga pada pemaparan materi lanjutan para peserta masih focus memperhatikan penjelasan trainer. Untuk hari ketiga, acara Training berisi praktik mengenai cara mengikat dan menghitung. Dalam kegiatan tersebut para peserta juga diberikan penugasan menegnai lifting and rigging yang dikerjakan secara langsung untuk mengetahui sejauh mana para peserta memahami materi lifting and rigging.

Dalam kegiatan Training K3 ini para peserta terlihat antusias. Hal ini dibuktikan bahwa setiap trainer menjelaskan, mahasiswa akan merespons apa yang telah diketahui dan belum diketahui. Adapun harapan dari acara training ini dapat menambah kompetensi mahasiswa dan meningkatkan kemampuan praktik mengenai lifting and rigging untuk bekal terjun langsung di tempat kerja.

Penulis : Saka Wandhana Putri

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!