VOKASI UNAIR

Pelatihan Aplikasi AKUsaha Bantu UMKM Batik Jetis Sidoarjo

#Repost – Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (F Vokasi Unair) Sabtu 8 Oktober 2022 memberikan pelatihan menggunakan aplikasi keuangan AKUsaha pada peguyuban UMKM Batik Jetis Sidoarjo.

Pelatihan itu diberikan F Vokasi Unair karena pelaku usaha mikro batik di Jetis Sidoarjo belum tertib melakukan pencatatan keuangan usahanya. Menurut koodinator pelatihan Yanuar Nugroho, keterbatasan memanfaatkan teknologi informasi, modal usaha, dan pangsa pasar yang tidak menentu menjadi masalah sulit yang dihadapi oleh UMKM. 

Tim Pengabdian kepada Masyarakat F Vokasi Unair dikoordinasikan oleh Yanuar Nugroho, Fitri Retrialisca, dan Izmi Dwira Eriani. Pelatihan itu juga melibatkan mahasiswa D3 Akuntansi F Vokasi. “Tentang cara-cara menggunakan aplikasi keuangan AKUsaha untuk pelaku usaha mikro batik di Jetis Sidoarjo,” kata Yanuar.

Pelatihan itu juga untuk meningkatkan ekosistem usaha Mikro pada Paguyuban UMKM Batik Jetis Sidoarjo. Seiring dengan bangkitnya perekonomian pasca krisis akibat pandemi Covid-19.

Melalui kegiatan ini, Tim Fakultas Vokasi Unair memfasilitasi pelatihan pencatatan keuangan UMKM, sekaligus mengenalkan aplikasi AKUSaha. Untuk memudahkan UMKM melakukan pencatatan keuangan usaha. 

ÔÇťAKUSaha merupakan aplikasi berbasis android rancangan dosen F Vokasi Unair. Aplikasi dapat diunduh dan diinstal gratis oleh siapa pun, khususnya pelaku usaha sektor UMKM,” ujar Yanuar.

Program ini disiapkan juga untuk meningkatkan kemampuan mengambil keputusan keuangan yang lebih baik, seperti kredit pinjaman, investasi, proyeksi keuangan, hingga kewajiban perpajakan.

Melalui pelatihan menggunakan aplikasi AKUSaha, diberikan simulasi kasus kas keluar dan masuk pelaku usaha, lalu diinput hingga menghasilkan file laporan output berupa laporan keuangan. 

“Aplikasi ini cukup simple dibandingkan aplikasi keuangan lain yang ribet. Bahkan bisa membantu kami menghitung HPP produk,” tutur Giri salah satu pelaku UMKM yang ikut pelatihan. (*)

Pewarta : Maksum
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Selengkapnya kunjungi : https://m.cowasjp.com/read/3794/20221008/211545/pelatihan-aplikasi-akusaha-bantu-umkm-batik-jetis–sidoarjo/

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!