VOKASI UNAIR

D3 Akuntansi UNAIR Rilis Aplikasi AKUsaha Untuk Mempermudah Transaksi UMKM

VOKASI NEWS – Pengabdian masyarakat adalah suatu program kerja Departemen Sosial dan Masyarakat Himpunan Mahasiswa D3 Akuntansi yang merupakan salah satu wujud pengamalan tri darma perguruan tinggi. Kegiatan pengabdian masyarakat Vol.I sebelumnya telah dilaksanakan pada hari sabtu 16 Juli 2022 melalui Zoom Meeting. Setelah melaksanakan kegiatan pengabdian  masyarakat Vol.I dengan materi penyusunan laporan keuangan dan pengisian serta pelaporan SPT Tahunan, kami mengadakan kegiatan lanjutan dari pengabdian masyarakat Vol.I atau kami sebut dengan pengabdian masyarakat Vol.II dengan penyampaian materi terkait aplikasi yang telah dibuat oleh salah satu dosen D3 akuntansi yaitu AKUSaha yang dapat mempermudah para UMKM dalam menyusun laporan keuangan. Kegiatan pengabdian masyarakat Vol.II telah dilaksanakan pada hari sabtu, 8 oktober 2022 pukul 09.00 secara offline di salah satu rumah UMKM Kampung Batik Jetis Sidoarjo dengan mengusung tema yang sama seperti pengabdian masyarakat Vol.I yaitu “Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan dan Aspek Perpajakan bagi Pelaku UMKM di Paguyuban Batik Jetis Sidoarjo.”

Tujuan dari kegiatan ini yaitu memberikan kemudahan kepada para UMKM dalam menyusun laporan keuangan melalui aplikasi yang bisa diakses di handphone masing-masing dan sebagai solusi atas kendala yang ada serta menyalurkan ilmu-ilmu yang didapat pada saat perkuliahan. Kegiatan ini dihadiri oleh 5 perwakilan UMKM kampung batik, koordinator program studi D3 Akuntansi Fakultas Vokasi sebagai pendamping dan juga pembuat dari aplikasi AKUSaha dan 1 mahasiswi D3 Akuntansi Fakultas Vokasi sebagai pemateri.

Sebelum penyampaian materi dari mahasiswa D3 Akuntansi terdapat sambutan dari koordinator program studi D3 Akuntansi Yanuar Nugroho, S.E., M.Sc., Ak.

Penyampaian materi disampaikan oleh Friska Bakara Puttri 2 materi dengan judul materi pertama yaitu “Review Materi Akuntansi UMKM.” Penyampaian materi pertama ini digunakan untuk review materi dari kegiatan pengabdian masyarakat Vol.I dan sebagai pendahuluan sebelum pemaparan materi kedua dengan judul “Penggunaan Aplikasi AKUSaha.”

Setelah pemaparan materi kedua terkait penggunaan aplikasi AKUSaha, para UMKM diminta untuk menginstal aplikasi tersebut dengan diberikan contoh transaksi yang dapat dimasukkan pada jurnal dalam aplikasi tersebut dengan didampingi oleh para panitia untuk memandu langkah-langkah penggunaan aplikasi tersebut.

Setelah sesi pendampingan praktik transaksi penggunaan aplikasi AKUSaha, terdapat sesi penyerahan plakat sebagai tanda terimakasih panitia terhadap UMKM kampung batik jetis sidoarjo yang telah menyempatkan waktu dan tempat untuk kegiatan pengabdian masyarakat Vol.II. Penyerahan plakat diserahkan kepada ketua paguyuban UMKM kampung batik jetis sidoarjo oleh ketua pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat Nur Rochmatul Laili didampingi oleh koordinator program studi D3 Akuntansi Yanuar Nugroho, S.E., M.Sc., Ak.

Setelah sesi penyerahan selesai, terdapat sesi dokumentasi bersama peserta, dosen pendamping dan panitia kegiatan pengabdian masyarakat serta menjadi penutup dari kegiatan pengabdian masyarakat Vol.I 2022.

Penulis: Nur Rochmatul Laili

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!