VOKASI UNAIR

Mahasiswa D3 Akuntansi Siap Hadapi Kompetisi Nasional dan OLIVIA Bersama Accounting Heroes 2022

VOKASI NEWS – Himpunan Mahasiswa (HIMA) D3 Akuntansi Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (UNAIR) sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan bahasa inggris dengan bentuk metode belajar English Club. Hal tersebut merupakan salah satu upaya dari HIMA dalam memberikan wadah dan mengasah kemampuan mahasiswa untuk menghadapi berbagai bidang kompetisi dan berskala baik regional, nasional maupun internasional. Kegiatan tersebut berlangsung selama 1 bulan terhitung dengan 4 kali pertemuan disetiap minggunya dan dilaksanakan setiap hari Kamis malam terhitung sejak tanggal 15 September 2022.

Program kerja tahunan tersebut diadakan untuk menunjang kemampuan mahasiswa dalam memperoleh prestasi kedepannya. Friska Amelia selaku ketua pelaksana mengatakan, adanya program kerja ini sebisa mungkin dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk dijadikan sebagai wadah dalam penunjang berbagai kompetisi nasional serta khususnya untuk OLIVIA 2022. “Kami menekankan untuk mengadakan pelatihan esay berbahasa Inggris guna mempersiapkan mereka untuk mengikuti English Competition dan mempersiapkan para calon delegasi untuk kompetisi OLIVIA 2022,” ujarnya.

Friska, menuturkan bahwa salah satu kemampuan bahasa asing yakni bahasa inggris merupakan aset yang terpenting untuk dimiliki dan menjadi pegangan untuk kedepannya dapat digunakan dalam bersaing di era yang semakin globalisasi. Selain dapat mendorong mahasiswa untuk berprestasi saat berkuliah, mahasiswa juga mendapatkan benefit yang lebih dengan menggunakan kemampuan tersebut sebagai modal untuk kesempatannya dalam berkarir.

Friska memparkan, pelatihan tersebut terbagi dalam 3 tahapan proses pembelajaran dan tahapan terakhir merupakan implementasi untuk penulisan esay serta awarding untuk penentuan delegasi. Meskipun demikian proses pembelajaran ini tetap ditekankan untuk setiap individu harus bisa membuat 1 karya esay yang baik dan benar serta pembelajaran untuk penguasaan Academic Language yang digunakan.

Dosen Praktisi, beliau juga sekaligus bekerja pada Airlangga Global Engagement (AGE) Universitas Airlangga (UNAIR) Ni’man Nashier, S.S., berkesempatan menjadi pemateri sekaligus pembimbing dalam kegiatan tersebut. Pertemuan awal dibuka dengan penjelasan mengenai struktur awal yakni Introduction, gaya bahasa serta penggunaan istilah umum (Academic Language). Selanjutnya pemateri memberikan tugas untuk membuat 1 paragraf Introduction dengan isian 5 kalimat.

Pada pertemuan kedua pemateri membahas mengenai penyusunan body (pembahasan) serta pembuatan struktur body paragraph yang terdiri dari Topic sentence, Supporting Sentences, Concluding Sentence. Setelah itu dilanjutkan pada pembahasan untuk paragraf Introduction yang sudah dibuat. Pada pertemuan ketiga pemateri membahas mengenai penyusunan conclusion (kesimpulan) secara baik dan benar, memberikan tips and trick untuk penarikan kesimpulan yang menarik dari isu/topik yang diangkat (conclusion paragraph).

Pertemuan keempat peserta fokus pada riview materi dari pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga yang telah diberikan. Setelah memberikan riview materi, dilanjutkan dengan awarding untuk mahasiswa yang menjadi delegasi pada English Competition berskala nasional dan OLIVIA.

Meskipun diselenggarakan secara online dan hanya berkaitan untuk menjadi delegasi di kompetisi nasional dan OLIVIA, namun tidak menutup kemungkinan juga ilmu dari pembelajaran kegiatan tersebut dapat disalurkan oleh mahasiswa melalui keikutsertaan kompetisi nasional di bidang non akademik, seperti LKTI, Esay, English Debate Competition dan English Competition lainnya.

Friska berharap kegiatan tersebut dapat mendorong mahasiswa untuk turut aktif dalam menorehkan setiap prestasinya baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. “Accounting Heroes merupakan salah satu program kerja HIMA yang bisa dimanfaatkan sebagai wadah untuk memberikan sarana, informasi, serta membantu mahasiswa saat ingin mengikuti setiap kompetisi yang ada. Oleh karena itu sebisa mungkin manfaatkan semua yang ada untuk menunjang prestasi,” pungkasnya.

Penulis : Friska Amelia P. Bakara

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!