VOKASI UNAIR

Empowering Quality untuk Fisioterapi bersama Penkeswa Airlangga 2022

VOKASI NEWS – Empowering Quality untuk Fisioterapi bersama Penkeswa  Airlangga (EQUINA) merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh program studi D-IV Fisioterapi Universitas Airlangga dan dikemas dalam bentuk studi banding dan mini webinar yang berlangsung selama 2 hari dengan mengusung tema “Enhance Problem-Solving Skill with Emotional Intelligent.” Kegiatan ini menjadi wadah untuk mengenal lebih dalam tentang materi perkuliahan, sharing organisasi, dan mengenal lebih lanjut tentang dunia kerja dalam bidang fisioterapi. Kegiatan ini bermanfaat sebagai referensi yang dapat diterapkan di organisasi, perkuliahan atau dunia kerja nantinya.

Hari pertama mini webinar telah dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2022 dengan mendatangkan Alumni untuk menjadi pembicara interaktif pada mini webinar ini. Pembicara telah memiliki cukup pengalaman serta banyak pengetahuan terutama tentang kasus yang diangkat kali ini yaitu mengenai Penatalaksanaan Fisioterapi pada ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) yang terjadi pada pediatri atau usia anak-anak.

Pemaparan materi tidak hanya tentang apa, mengapa, dan bagaimana penyakit tersebut dapat muncul, melainkan berfokus dalam pembahasan bagaimana profesi yang akan kami jalani nantinya sebagai fisioterapis dalam menangani kasus tersebut, mulai dengan metode rangsangan sensorik, Latihan mobilisasi dan fasilisasi, serta patterning. Semua peserta sangat antusias dalam mini webinar interaktif kali ini, banyak peserta yang bertanya dan masih ingin tahu lebih lanjut pembahasan lanjutan tentang ADHD. Berdasarkan serangkaian materi yang telah dipaparkan pada hari pertama diharapkan dapat bermanfaat bagi para peserta baik pada saat perkuliahan, ujian, maupun ketika bekerja nantinya.

Beralih dari mini webinar hari pertama, hari kedua serangkaian kegiatan EQUINA dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2022 yang bersifat sharing santai. Kegiatan ini berupa studi banding dengan himpunan mahasiswa fisioterapi fakultas lain, dimana tahun ini EQUINA melakukan studi banding dengan HMJ Polkesta Surakarta. Pada sesi ini, setiap departemen dari HIMA Fisioterapi Unair dan HMJ Polkesta Surakarta melakukan sharing tentang metode perkuliahan, materi yang diajarkan, sistem perkuliahan, dan tak luput juga membahas tentang keorganisasian masing-masing himpunan mahasiswa.

Kedua belah pihak sangat menikmati sesi sharing ini, karena dapat menambah wawasan, serta dapat membuka mindset kembali dalam melakukan inovasi baik pada perkuliahan maupun sistem keorganisasian masing-masing. “Kami harap HMJ Polkesta dan Hima Fisioterapi Unair dapat terus melakukan Kerjasama, mungkin nantinya kita bisa melakukan kolaborasi dalam sebuah event besar atas nama Fisioterapi Indonesia,” amanat dari Ketua HMJ Polkesta pada akhir acara hari itu. Acara di akhiri dengan sesi foto bersama, walaupun hanya dapat dilakukan melalui zoom meeting tak mengurangi kekeluargaan yang terjalin diantara para peserta.

Mahasiswa memerlukan kegiatan semacam ini untuk menambah pengetahuannya tentang dunia kerja dan sistem-sistem keorganisasian diluar organisasi yang mereka naungi. Hal ini penting untuk membuka pikiran mahasiswa yang cerdas dan inovatif, sehingga diharapkan ide-ide positif dan kreatif tidak hanya dapat dilukiskan, melainkan juga dapat terealisasikan.

Penulis : Ervina Ayu Permata Sari

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!