VOKASI UNAIR

Guna Pengimplementasian SDGs, SOSMA-LH BEM Vokasi Gelar VOSPRO 2022 dengan Mengembangkan Potensial Desa

VOKASI NEWS – Kementerian Sosial Masyarakat dan Lingkungan Hidup BEM Fakultas Vokasi Universitas Airlangga telah menyelenggarakan pengabdian masyarakat yaitu “Vocational Social Project (VOSPRO) 2022”, di Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Kegiatan tersebut berlangsung selama lima hari, dari tanggal 28 September sampai dengan 2 Oktober 2022.

Vocational Social Project (VOSPRO) ini merupakan program kerja pengabdian masyarakat yang diadakan sebagai wujud implementasi mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga dalam mengamalkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat, dengan mengangkat tema kegiatan “Implementation of SDGs to Increase Village Potential”.

Menurut Yudha Eka Aryaputra selaku ketua pelaksana, tujuan dilaksanakan VOSPRO 2022 di Desa Carangwulung dikarenakan desa tersebut memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang berpotensi untuk mewujudkan SDGs Desa jika dikelola dengan lebih baik lagi.

Demi meningkatkan SDGs Desa Carangwulung, VOSPRO 2022 memaksimalkan potensial desa melalui 4 bidang sekaligus, yakni ekonomi, pariwisata, kesehatan, dan pendidikan. Pada bidang ekonomi terdapat Sosialisasi branding UMKM kopi jombang dan wisata dan Pasar Murah. Di bidang pariwisata terdapat Revitalisasi Lingkungan di Gerojokan Selo Gonggong, Painting The Gazebo, Penanaman bunga, Pembuatan Taman, Menghias Bak Sampah, Pemasangan Plang Sakti. Sementara di bidang kesehatahan terdapat Medical Check Up & Pengobatan Gratis, Penyuntikan Vitamin Hewan ternak, Pemberian disinfektan pada kadang ternak, dan Penyuluhan Jamu wedhang Uwuh. Selain itu, di bidang pendidikan terdapat Vospro Mengajar (3S, Penyuluhan sampah, Kuas sakti, Krebavos).

“Ketika diadakannya kegiatan tersebut, respon dari warga setempat sangatlah positif, warga dengan ramah menerima keberadaan kami selaku panitia dalam jangka waktu lima hari. Setiap kegiatan antusias warga sangat bagus salah satu contohnya disaat kegiatan Medical Check up atau pengobatan gratis serta Pasar Murah.” ungkap Yudha.

Harapannya, pelaksanaan VOSPRO 2022 ini dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat Desa Carangwulung agar bisa terus mengimplementasikan SDGs dengan cara memaksimalkan potensial desa sesuai dengan yang telah disosialisasikan.

Penulis: Safira Nazhiifah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!