VOKASI UNAIR

Himasi Mengabdi 2022

VOKASI NEWS – Dengan adanya pandemi Covid-19 yang membuat banyaknya perubahan dalam sistem  perekonomian. Banyak dari warga yang telah melakukan berbagai inovasi dalam hal perdagangan,  namun hal tersebut masih belum membuat perubahan pada hasil penjualan mereka. Nyatanya para  pedagang lokal tersaingi oleh penjual lain yang berada dari kalangan atas yang mempunyai akses  lebih cepat dan mudah. Tak heran jika di era teknologi saat ini banyak sekali yang memanfaatkan  hal tersebut untuk berbagai hal, salah satunya dengan perdagangan.  

Mereka yang berada akan lebih mudah untuk menggunakan teknologi yang ada guna  membantu pekerjaan dan perdagangan mereka, sedangkan warga-warga biasa yang masih awam  akan teknologi akan terus berada di titik yang sama tanpa adanya sebuah progres atau perubahan  dalam perdagangannya. Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa D3 Sistem Informasi Universitas  Airlangga mengadakan agenda Himasi Mengabdi. 

Potret Kegiatan Bazar Amal/Pasar Murah “Himasi Mengabdi pada Selasa, 12 Juli 2022”

Himasi Mengabdi merupakan salah satu agenda tahunan yang di selenggarakan oleh bidang  Pengabdian Masyarakat Himpunan Mahasiswa D3 Sistem Informasi, Fakultas Vokasi, Universitas  Airlangga. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan pemanfaatan teknologi kepada  masyarakat, khususnya terkait digitalisasi marketing. Himasi Mengabdi merupakan salah satu  bentuk pengamalan mahasiswa dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu melakukan sebuah  pengabdian kepada Masyarakat. 

Himasi Mengabdi pada tahun ini diselanggarakan pada Selasa, 12 Juli 2022 yang bertempat  di Kampung Semanggi, Desa Kendung, Surabaya. Himasi Mengabdi 2022 memiliki tema  “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digitalisasi Marketing di UMKM Kampung Semanggi  Surabaya”. Adapun maksud dari tema kegiatan ini yaitu bermaksud untuk memberikan informasi  serta mengedukasi masyarakat kampung Semanggi terkait digitalisasi marketing serta membantu  masyarakat dalam pengaplikasian teknologi di bidang pemasaran. Selain itu, agenda ini juga  diharapkan dapat menjadi bekal bagi masyarakat kampung Semanggi untuk dapat  mengembangkan kampung Semanggi melalui berbagai platform yang ada, seperti Instagram,  Facebook, Shopee dan masih banyak lagi. 

Kegiatan ini dibuka oleh sambutan dan ucapan terimakasih dari Ketua Pelaksana Himasi  Mengabdi 2022, Regyna Ayu Sabila. Selanjutnya ada sambutan juga dari Wakil Ketua Himpunan  Mahasiswa D3 Sistem Informasi, Annisa Aristawati. Kemudian dilanjutkan sambutan dan sedikit  pemberian informasi mengenai Kampung Semanggi oleh Ketua DPKA Kampung Semanggi.  Setelah sambutan-sambutan, acara selanjutnya adalah sosialisasi kepada Masyarakat Kampung  Semanggi oleh Avany Mahmudah tentang bagaimana memaksimalkan akun media sosial yang ada  untuk mengembangkan sebuah sistem agar informasi tersebar luas, guna mengembangkan  perekonomian. Selain itu, ada juga pemaparan materi mengenai apa itu canva dan cara  pengaplikasiannya sebagai salah satu cara untuk membuat tampilan design marketing yang lebih  menarik. Target dari sosialisasi ini adalah Masyarakat Kampung Semanggi yang diwakili oleh  Karang Taruna Kampung Semanggi sebagai peserta sosialisasi. 

Pada Himasi Mengabdi 2022 kegiatan tidak hanya berfokus pada pengembangan  digitalisasi marketing saja, melainkan juga terdapat berbagai macam kegiatan lainnya seperti  adanya pemeriksaan kesehatan, bazar amal/pasar murah, serta penyerahan donasi buku untuk  masyarakat Kampung Semanggi, Surabaya. Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan secara gratis  untuk masyarakat sekitar. Panitia sudah mempersiapkan mulai dari tenaga kesehatan serta alat-alat  untuk pemeriksaan. Pada acara pemeriksaan kesehatan ini, para panitia mengundang 2 tenaga ahli  kesehatan yaitu Mochamad Yudha Purnama cahya dan Nimas Nining Wardani yang juga  merupakan mahasiswa Universitas Airlangga. Setelah kegiatan pemeriksaan kesehatan selesai,  dilanjutkan dengan bazar amal/pasar murah. Bazar amal/pasar murah merupakan bentuk kegiatan  yang menjual berbagai macam sembako dengan harga yang relatif lebih murah. Sembako yang sudah disediakan oleh panitia ini berasal dari dana fakuktas vokasi yang nantinya di ganti berupa  sembako kemudian dijual kembali dengan harga yang murah untuk masyarakat. Agenda Himasi  Mengabdi 2022 diakhiri dengan penyerahan donasi buku oleh Ketua Pelaksana kepada Ketua  DPKA Kampung Semanggi guna membantu pengembangan minat literasi masyarakat Kampung  Semanggi, Surabaya sebagai upaya untuk meningkatkan sumber daya masyarakat.

Penulis : Fatia Risma Della

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!