VOKASI UNAIR

HIMA D4 TLM Wujudkan Wolfarm 2022 Untuk Mengajak Mahasiswa Menjadi Wirausahawan Sejak Dini

VOKASI NEWS – Himpunan Mahasiswa (HIMA) D4 Teknologi Laboratorium Medis (TLM) suskes menggelar acara WOLFARM 2022. WOLFARM merupakan program kerja terakhir yang diadakan setiap tahunnya. Acara ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 19 dan 20 November 2022 secara online dengan tema yang berbeda.  

Acara WOLFRAM dilakukan agar dapat menumbuhkan jiwa usaha sehingga menghasilkan calon wirausahawan muda dari kalangan mahasiswa terutama mahasiswa teknologi laboratorium medis karena selain menjadi calon analis kesehatan, berwirausaha dilakukan supaya memberikan manfaat kepada diri sendiri dan orang lain, seperti menciptakan lapangan kerja di masa depan nanti. Selain itu, dapat menumbuhkan tingkat kreativitas untuk diaplikasikan kepada sumber daya yang ada.

Hayunnah Adaliah sebagai pemateri hari pertama membawakan tema kewirausahaan dengan judul “Are you an entrepreneur?” memotivasi dan menjelaskan kiat serta skill untuk menjadi pengusaha muda. “Skill leadership tidak melulu hanya di organisasi jadikan kewirausahaan juga sebagai tempat untuk mengembangkan skill leadership” kata Hayunnah. Hayunnah juga memberikan kata-kata motivasi sebagai penutup materi “Jangan takut untuk triall, jangan takut membangun bisnis dari muda, jangan takut untuk gagal karena kegagalan adalah salah satu kunci untuk bisa lebih mengembangkan dan mengevaluasi diri”.

Pada hari kedua, Raaselly Elfa sebagai pemateri dengan tema kepenulisan memaparkan tentang kepenulisan proposal PKM yang baik mulai dari judul hingga daftar pustaka. PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) adalah suatu kegiatan yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia sehingga PKM merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh kebanyakan mahasiswa di seluruh Indonesia tanpa terkecuali mahasiswa Universitas Airlangga. Oleh karena itu, pemberian materi kepenulisan proposal PKM sangat penting dilakukan. Harapannya agar mahasiswa dapat lolos seleksi PIMNAS.

Acara WOLFARM 2022 ditutup dengan pemberian penugasan business plan yang diharapkan dapat menambah wawasan, kreativitas, dan inovasi peserta guna menciptakan keberhasilan suatu usaha.

Penulis: Nadiyatul Mirza Ghurul Aini

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!